Breaking News:

Indocement Gandeng GEMARI Gelar Webinar Teknik Dasar Sepeda Motor untuk Anak SMK di Bogor

Sejumlah pelajar SMK di Bogor mendapatkan pelatihan dasar teknik sepeda motor.

istimewa
Webinar pelatihan dasar teknik sepeda motor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sejumlah pelajar SMK di Bogor mendapatkan pelatihan dasar teknik sepeda motor.

Kegiatan pelatihan yang digelar secara webinar ini diselegarakan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk unit Citeureup yang bekerjasama dengan Gerakan Masyarakat Mandiri (GEMARI).

GEMARI sendiri adalah suatu program dari CSR indocement dibidang pelatihan dan plasma teknik sepeda motor yang dimana pengelolaannya adalah mitra dari desa mitra Indocement Kompleks Pabrik Citeureup.

Gadang Wardono, CSRSD Manager Indocement mengungkapkan pihaknya terus berinovasi di tengah kondisi pandemi ini untuk membantu generasi penerus bangsa agar bisa mandiri ditengah kondisi seperti sekarang ini.

Ia melanjutkan, webinar yang digelar pada Selasa (9/2/2021) lalu ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI SMK Budiniyah.

Menurutnya, kegiatan ini diapresiasi dengan sangat baik oleh guru dan siswa SMK Budiniyah, mengingat materi yang dipaparkan sangat aplikatif di dunia industri dan langsung dipandu oleh instruktur yang sudah pengalaman dalam bidang otomotif.

Disi lain, acara tersebut melibatkan instruktur berpengalaman yang terbiasa memberikan edukasi pelatihan teknik sepeda motor di GEMARI yaitu Suhendar (putra daerah dari salah satu desa mitra Indocement, yaitu Desa Lulut) dan juga instruktur praktek yaitu Teguh.

Tujuan dilaksanakan webinar ini adalah agar para siswa mengetahui teori dasar-dasar teknik sepeda motor (konstruksi sepeda motor dan pengenalan sistem FI (Fuel Injection), peserta dapat mengetahui secara langsung bagian konstruksi sepeda motor melalui peragaan alat serta dapat mengetahui unsur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dapat diterapkan dalam praktek teknik sepeda motor.

"Selain mendapatkan materi mengenai teknik dasar motor, peserta juga memperoleh pengetahuan mengenai pelaksanaan K3 dan bulan K3 yang saat ini sedang berlangsung di Indocement melalui narasumber Totok Tri Santoso dari Safety Department Indocement," katanya.

Pihaknya berharap, kedepannya industri besar lainnya, khususnya di Kabupaten Bogor, dapat turut berkontribusi pada peningkatan SDM muda melalui kegiatan vokasi ke SMK-SMK di sekitar lokasi industri, sehingga SDM muda Indonesia akan siap terjun ke industri dan bersaing secara global. (*)

Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved