Breaking News:

Melihat Padepokan Padjadjaran Cimande, Tempat Belajar Silat yang Kenalkan Pengobatan Tradisional

Padepokan Padjadjaran Cimande, padepokan pencak silat yang berdasarkan aliran Cimande ini membuat sebuah pengobatan tradisional.

Jafar Umar Zaman
Perguruan silat Padjadjaran Cimande. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR - Padepokan Padjadjaran Cimande, padepokan pencak silat yang berdasarkan aliran Cimande ini membuat sebuah pengobatan tradisional sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat atas dasar aspek perguruan Padjajaran Cimande.

"Kita gak mencari kemuliaan, tapi kita istiqomah, kalo udah istiqomah Insya Allah kemuliaan datang dengan sendirinya" Ucap Dindin salah satu anggota pengobatan tradisional

Perguruan silat Padjadjaran Cimande berdiri pada 23 Februari 1962, didirikan oleh guru besar Kibagus Mochammad Djamhari, berlokasi di Jalan Setapak nomor 48, Sasak Panjang, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat di dirikan oleh Yusuf Sarwo Edi, SE. Atau biasa dipanggil Kang Iyus bersama anggota yang lain.

Dengan semangat "mengembangkan kebudayaan asli indonesia", semua bergotong royong memperkenalkan kebudayaan indonesia, khususnya seni pencak silat dan pengobatan tradisional cimande, yang sebelumnya hanya mengurus patah tulang, saat ini sudah menerima pasien yang stroke, lumpuh, dan sebagainya.

Terapi yang sering digunakan adalah terapi "Kunci Nakal", begitulah mereka menyebutnya, terapi menggunakan kunci kuno yang di jepit di sela sela jari.

"Stroke itu kan semacam penyumbatan pembuluh darah, jadi fungsi kunci di sini itu supaya memancing saraf merasakan sakit, sehingga darah mengalir dan tidak lagi tersumbat" Ujar Didin menjelaskan mekanisnya.

Perguruan silat ini juga mendirikan rumah rawat inap untuk pasien yang datang, agar memudahkan untuk ditangani, tidak ada penentuan tarif untuk pengobatan, namun rawat inap dikenakan biaya Rp.100.000, 00/malam.

Perguruan silat Padjadjaran Cimande.
Perguruan silat Padjadjaran Cimande. (Jafar Umar Zaman)

Tidak hanya sebagai pesilat, pendiri padepokan Kang Iyus juga bekerja sebagai pemadam kebakaran, dan mengajarkan urut cimande ini kepada anggota anggota damkar.

"Ngurusin dunia gak ada abis nya, duit banyak kalau gak tenang kan gaenak, mending begini, ibadah gak ketinggalan ngebantu orang juga jalan, berkah nya dapet" Ucap Kang Iyus sekalu pendiri pengobatan tradisional cimande.

Mereka mengajarkan teknik urut cimande dan pengobatan tradisional kepada murid murid pencak silatnya agar semakin banyak yang melestarikan kebudayaan Indonesia, terutama pencak silat.

Jika ingin belajar silat atau melakukan pengobatan bisa langsung datang ke Padepokan Padjadjaran Cimande atau bisa langsung menghubungi +6281211495080 ( Dindin Wahyudin)

(Jafar Umar Zaman/Doni Ramadhan)

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved