Breaking News:

TNI AU Siapkan Perawat Penerbangan Profesional

Pembekalan ilmu dan materi perawat penerbangan yang profesional dilaksanakan dalam Pendidikan Kursus Perawat Penerbangan (Suswatbangan)

istimewa
Pembekalan ilmu dan materi perawat penerbangan yang profesional dilaksanakan dalam Pendidikan Kursus Perawat Penerbangan (Suswatbangan) Angkatan ke-19 yang secara resmi di buka oleh Komandan Wing Pendidikan Umum (Danwingdikum) Kolonel Sus Peni Saptaning Putri yang diwakili oleh Danskadik 504 Letkol Kes Seno Hadi, Senin (22/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - TNI Angkatan Udara ( TNI AU) siapkan perawat penerbangan yang profesional.

Pembekalan ilmu dan materi perawat penerbangan yang profesional dilaksanakan dalam Pendidikan Kursus Perawat Penerbangan (Suswatbangan) Angkatan ke-19 yang secara resmi di buka oleh Komandan Wing Pendidikan Umum (Danwingdikum) Kolonel Sus Peni Saptaning Putri yang diwakili oleh Danskadik 504 Letkol Kes Seno Hadi, Senin (22/2/2021).

Dalam sambutannya Danwingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri menyampaikan bahwa tujuan dari Pendidikan Kursus Perawat Penerbangan (Suswatbangan) untuk menyiapkan dan membekali personel kesehatan TNI Angkatan Udara dengan profesi perawat agar dapat bertugas sebagai perawat penerbangan yang profesional.

Dalam menempuh pendidikan ini, siswa akan diberikan materi pelajaran pengetahuan umum seperti Bahasa Inggris, Sejarah Perkembangan Kesehatan  Penerbangan dan Pengenalan Ruang Angkasa,  Atmosfer dan Ruang Angkasa, Aerodinamika Pesawat Terbang (Principle of Flight), Teori Karya Ilmiah, dan Pengenalan Hukum Kesehatan pada Penerbangan.

"Selanjutnya penunjang lejuruan dengan materi gizi awak pesawat, Indoktrinasi dan Latihan Aerofisiologi (ILA), Aspek Medis SAR dan Survival, pengetahuan penanggulangan korban masal dan evakuasi medis, basic trauma life support (BTLS), terapi hiperbarik serta materi pengetahuan dasar aerofisiologi, keselamatan penerbangan, asuhan keperawatan," katanya.

Danwingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri menyapaikan pesan kepad para siswa, memanfaatkan waktu yang ada dengan belajar secara optimal.

"Pahami semua materi pelajaran yang   diberikan instruktur baik teori maupun praktek, sehingga nantinya ilmu pengetahuan dan keterampilan, yang para siswa peroleh di lembaga pendidikan dapat diaplikasikan di satuan," jelasnya.

Ia juga menegaskan dan meminta kepada para instruktur dan siswa dalam mengikuti pendidikan di masa pandemi Covid-19, setiap melakukan kegiatan di dalam maupun di luar kelas untuk menerapkan protokol kesehatan.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved