Breaking News:

Profil Nurdin Abdullah Gubernur Sulsel yang Terjerat Korupsi, Kekayaan Rp 51 M, Utang Cuma Rp 1 Juta

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan KPK, Sabtu (27/2/2021), Nurdin Abdullah diketahui terbukti dan meyakinkan menjadi penerima suap

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
TRIBUN TIMUR/IKBAL NURKARIM
Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah saat kunjungi Kabupaten Jeneponto 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Penangkapan dan penetapan tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) terhadap Gubernur Sulsel Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Sabtu (27/2/2021) dini hari, menyita perhatian publik.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan KPK, Sabtu (27/2/2021), Nurdin Abdullah diketahui terbukti dan meyakinkan menjadi penerima suap sejumlah uang dari beberapa pihak terkait pengadaan infrastruktur di Sulawesi Selatan.

Siapa sesungguhnya sosok Nurdin Abdullah?

Profil Lengkap Nurdin Abdullah

Berdasarkan informasi di laman resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, pria kelahiran Parepare, 7 Februari 1963 ini menyandang sejumlah gelar akademis yang ia dapat dari perjalanan pendidikan yang ditempuh.

Gelar lengkapnya adalah Prof Dr Ir H M Nurdin Abdullah, M Agr. Sarjana dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanudin ini telah menyelesaikan pendidikannya hingga S-3.

Baca juga: Sosok Nurdin Abdullah - Gubernur Peraih Penghargaan Antikorupsi, Kini Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Baca juga: Sosok Nurdin Abdullah Gubernur Sulsel yang Kena OTT KPK, Prestasi Mentereng Hartanya Capai Rp 51 M

Pendidikan master juga doktoral di bidang agrikultural ia tempuh di Kyushu University Jepang pada 1994. Saat ini, ia memiliki seorang istri dan dikaruniai 3 orang anak.

Nurdin yang dilantik menjadi Gubernur Sulsel periode 2018-2023 oleh Presiden Joko Widodo pada 5 September 2018 ini juga pernah menjabat sebagai Bupati Bantaeng selama 2 periode, 2008-2013 dan 2013-2018.

Selain menjabat di bidang politik pemerintahan, Nurdin juga diketahui menjadi Guru Besar di Fakultas Kehutanan Universitas Hassanudin. 

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (tengah) dikawal petugas setibanya di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (27/2/2021). KPK mengamankan Nurdin Abdullah melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) bersama lima orang lainnya dengan barang bukti sebuah koper berisi uang. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (tengah) dikawal petugas setibanya di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (27/2/2021). KPK mengamankan Nurdin Abdullah melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) bersama lima orang lainnya dengan barang bukti sebuah koper berisi uang. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Harta kekayaan Nurdin Abdullah

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved