Breaking News:

Melirik Potensi Urban Farming di Kampung Bebek, Sayuran Segar Jadi Favorit Warga Sebagai Lalaban

Warga di Kampung Bebek, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara sejak satu tahun terakhir memiliki aktivitas baru.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Warga Kampung Bebek, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif dengan memaksimalkan potensi pertanian. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - Warga di Kampung Bebek, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara sejak satu tahun terakhir memiliki aktivitas baru.

Sejak satu tahun terakhir ibu-ibu di Kampung Bebek baik yang tergabung dalam Kelompok Tani Dewasa (KTD) Koplak Mandiri dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Jamelang memiliki kesibukan berkebun.

Ibu-ibu yang mendapat jadwal piket merawat kebun sudah siap diarea urban farming untuk memastikan nutrisi hidroponik yang mengalir tidak tersumbat.

Tak hanya itu ibu-ibu juga mengontrol setiap pertumbuhan tanaman.

Jika ada yang layu atau kering karena tersengat sinar matahari ibu-ibu itu pun langsung memetik dan memisahkan agar tidak membuat sayuran busuk.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang awalnya adalah semak belukar, KTD Koplak Mandiri dan KWT Jamelang mulai merintis pertanian terintegrasi diawali dengan hidroponik.

Mulyani salah satu anggota KTD yang bertugas merawat hidroponik mengatakan bahwa urban farming di Kampung Bebek dimulai dengan penyemaian bibit.

Selanjutnya setelah bibit itu mulai tumbuh sekitar dua hingga tiga centi meter kemudian dipindahkan ke wadah paralon.

"Perawatannya bisa dibilang sederhana, setiap hari rutinitas yang dilakukan adalah mengecek saluran pipa membersihkan saluran pipa, kemudian merawat tanamannya, biasanya dilakukan pagi dan sore oleh anggita atau warga masyarakat yang oiket merawat tanaman," katanya

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved