Breaking News:

KPAD Bogor Terima Banyak Laporan Kekerasaan Anak Saat Pandemi, Mulai dari Bullying Hingga Seksual

Di masa pandemi ini, pengaduan-pengaduan itu masuk ke KPAD secara langsung dan juga daring (online).

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Vivi Febrianti
NAKITA
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor akui menerima banyak laporan kekerasan anak pasca KPAD remu dibentuk akhir 2020 lalu.

Di masa pandemi ini, pengaduan-pengaduan itu masuk ke KPAD secara langsung dan juga daring (online).

"Sampai dua minggu yang lalu sudah ada 53 kasus yang masuk ke KPAD," kata Ketua KPAD Kabupaten Bogor Sofyan Ginting, Rabu (10/3/2021).

Setelah kepengurusan KPAD ini dilantik sekitar 4 bulan yang lalu, Sofyan akui sudah banyak perkara yang ditangani.

Beberapa di antaranya adalah kasus bullying di pondok pesantren, kemudian kasus kekerasan seksual yang menurutnya cukup tinggi angkanya

"Dan juga penanganan kasus perselisihan hak asuh terhadap anak," kata Sofyan.

Berdasarkan pada literasi dan pengamatan di lapangan, kata dia, lonjakan kasus saat pandemi terjadi pertama akibat tekanan ekonomi keluarga yang mengakibatkan perilaku kekerasan dalam sebuah keluarga.

Kedua, yakni faktor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang juga berdampak terhadap timbulnya kekerasan.

"Karena ternyata banyak orang tua yang tidak siap menjadi guru pengganti di sekolah. Selanjutnya adalah pola asuh orang tua yang selama ini tidak memiliki kapasitas yang cukup,” katanya.

Kehadiran KPAD ini diharapkan dapat meminimalisir kasus kekerasan terhadap anak, bullying, pencabulan, termasuk diskriminasi terhadap anak.

“Dari pengalaman para komisioner yang saat ini sudah bergerak di lapangan, sudah mulai banyak pengaduan kepada kami. Kami pun membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat barangkali ada hal-hal yang perlu disampaikan kepada KAPD Kabupaten Bogor,” tambah Sekretaris KPAD Kabupaten Bogor Erwin Suriana.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved