Breaking News:

Anton Medan Meninggal

Sudah Siapkan Pemakaman Sejak 15 Tahun Lalu, Anton Medan Sering Sampaikan Nasihat soal Kematian

Di area komplek pesantren dan sekolah dibangun pula sebuah masjid yang diberi nama Masjid Jami Tan Hok Liong.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Suasana duka cita menyelimuti proses pemakaman Ramdhan Efendy alias Anton Medan di komplek Pondok Pesantren AtTaibin di Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Mubaligh Muhamad Ramdhan Efendy alias Anton Medan tutup usia di usia 64 tahun, Senin (15/3/2021).

Almarhum diketahui sudah berjuang melawan sakitnya sejak lama.

Di Bogor Anton Medan merinstis sebuah pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Attaibin.

Di area komplek pesantren dan sekolah dibangun pula sebuah masjid yang diberi nama Masjid Jami Tan Hok Liong.

Sebelum membangun itu semua, rupanya Anton Medan lebih dulu menyiapkan liang lahat atau tempat pemakaman dirinya di Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang saat ini berada tepat di samping Masjid Jami Tan Hok Liong.

Menantu Anton Medan, Syamsul Bahri mengatakan bahwa Anton Medan sudah menyiapkan makamnya sendiri sejak 15 tahun lalu.

"Iya kita keluarga memilih dimakamkan di sini karena memang permintaan beliau, karena makam ini sudah disiapkan oleh beliau 15 tahun yang lalu," ujarnya.

Semasa hidupnya almarhum Anton Medan alias Ramdhan Efendy sering menyampaikan bahwa nasihat paling penting adalah kematian.

Itulah yang membuat Anton Medan juga mempersiapkan tempat pemakaman untuk dirinya sendiri.

"Selalu beliau sampaikan kepada kami anak-anaknya bahwa sebaik-baiknya nasihat adalah kematian seperti itu yang beliau sampaikan bahwa semua akan ada akhirnya makanya kita harus berubah," ujarnya.

Lebih lanjut Syamsul bercerita bahwa Anton Medan sering menyampaikan bahwa makam itu sebagai pengingat bahwa dunia ini fana yang abadi adalah akhirat

"Pesan yang beliau sampaikan juga adalah salalu berbagi dan menyampaikan semua bisa berubah yaitu kita harus berubah ke arah kebaikan walaupun kita punya masa lalu yang kurang baik tetapi dengan sikap yang ulet kita bisa berubah jadi ke arah yang lebih baik dan berguna untuk orang banyak," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved