Breaking News:

Cara Lapor SPT Pajak Tahunan Deadline 31 Maret 2021, Kalau Telat, Siap-siap Bayar Denda Segini

Meskipun berada pada kondisi pandemi saat ini, tenggat waktu lapor SPT Tahunan tahun ini tidak berubah dan jatuh pada tanggal 31 Maret 2021.

Wartakotalive
Ilustrasi pajak 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Setiap tahunnya, Warga Negara Indonesia yang telah mempunyai penghasilan pribadi harus melapor SPT Tahunan ke Direktoran Jenderal Pajak ( DJP).

Lapor pajak ini wajib dilakukan meskipun seseorang yang termasuk Wajib Pajak (WP) telah rutin membayar pajak.

Melansir laman DJP, hal ini dikarenakan negara Indonesia yang menganut sistem self-assessment yang memberikan kepercayaan penuh kepada Wajib Pajak (WP) untuk mendaftar, menghitung, menyetor, dan melapor secara mandiri.

Meskipun berada pada kondisi pandemi saat ini, tenggat waktu lapor SPT Tahunan tahun ini tidak berubah dan jatuh pada tanggal 31 Maret 2021.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, lapor SPT dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mendatangi kantor pajak secara langsung, pos atau jasa ekspedisi, dan DJP Online (e-filling).

Baca juga: Pemeran Video Mesum di Hotel Bogor Ditangkap di Cibinong, Ini Kata Kapolres Bogor

Baca juga: Datang ke Sidang Habib Rizieq, Neno Warisman : Saya Meliput

Ditjen Pajak Kementerian Keuangan pun menjelaskan bahwa SPT Tahunan yang harus diisi untuk WP orang pribadi berdasarkan penghasilan di antaranya adalah:

Penghasilan kurang dari 60 juta dalam setahun dan bekerja pada satu perusahaan yakni status pegawai dengan formulir 1770SS, pegawai dengan penghasilan lain formulir 1770, dan non-pegawai dengan formulir 1770.

Sedangkan untuk penghasilan yang melebihi 60 juta dalam setahun yakni, status pegawai dengan 1770S, pegawai dengan penghasilan lain 1770, dan non-pegawai 1770.

Adapun WP atau Wajib Pajak yang terlambat melapor SPT tahunan akan dikenai denda sesuai dengan yang diatur dalam dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Baca juga: Mau Kuliah di IPB University? Ini 23 Jurusan yang Sediakan Kuota Banyak di SBMPTN 2021

Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah besaran dana keterlambatan pelaporan SPT tahunan bagi Wajib Pajak yang memiliki NPWP:

Halaman
123
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved