Breaking News:

Virus Corona di Bogor

Benarkah Vaksin Covid-19 Membuat Vitalitas Pria Meningkat? Ini Penjelasan Dinkes Kabupaten Bogor

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor dr Dedi Syarif juga demikian.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (24/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Beredar kabar bahwa pria yang disuntik vaksin Covid-19 akan membuat vitalitasnya meningkat.

Kabar ini beredar melalui WhatsApp namun kebenarannya masih belum ditemukan.

Dari sejumlah pria peserta vaksin Covid-19 yang ditemui TribunnewsBogor.com di Bogor, mereka kebanyakan hanya mengaku mengalami gejala lemas dan mengantuk.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor dr. Dedi Syarif juga demikian.

Dia menuturkan bahwa sejauh ini belum ada uji klinis yang menyatakan adanya dampak yang meningkatkan vitalitas pria dari vaksin Covid-19 ini.

"Karena kalau itu harus didasarkan uji klinis ya. Belum ada yang uji klinis dari badan apapun yang menyatakan bahwa dengan divaksin akan meningkatkan vitalitas," kata Dedi Syarif kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (24/3/2021).

Dia menjelaskan bahwa gejala yang dialami peserta vaksin rata-rata umumnya dirasakan kebanyakan peserta vaksin lainnya.

"Malah yang ada, hal-hal yang sudah ada adalah ngantuk setelah vaksin pertama itu, timbul rasa lapar yang berlebihan," katanya.

Vaksinasi Covid-19 sendiri, kata dia, dimaksudkan untuk menyuntikan virus corona yang sudah dimatikan untuk membentuk antibodi yang tahan terhadap virus corona.

"Sehingga dia akan kuat menahan virus corona itu sendiri. Maka ketika dia terkena virus corona, dia tidak akan separah orang yang belum divaksin," ungkapnya.(*)

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved