Breaking News:

Hadiri Munas V Apkasi, Bupati Bogor Ade Yasin Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Sesuai Arahan Presiden

Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Pemkab Bogor
Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (26/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Pembukaan Munas yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo ini dihadiri para pimpinan daerah Indonesia termasuk Bupati Bogor Ade Yasin.

Ade menuturkan bahwa Presiden Jokowi menyampaikan dua strategi khusus dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia, yakni program Padat Karya dan kewaspadaan menghadapi pandemi.

"Program padat karya tunai menjadi kunci untuk memulihkan daya beli masyarakat sekaligus mengungkit ekonomi di tingkat daerah selama masa pandemi," kata Ade Yasin.

Program-program yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi daerah harus memberi prioritas pada pembukaan lapangan kerja melalui padat karya ini.

Ade menjelaskan bahwa pemerintah daerah juga diminta harus merespon cepat kebutuhan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang banyak terdampak pandemi.

Meski bantuan bagi para pelaku UMKM telah disalurkan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dapat ikut membantu meringankan apabila anggaran daerah memungkinkan.

"Beberapa waktu kasus Covid-19 harian relatif menurun sebagai dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan vaksinasi massal. Meski demikian, Presiden mengingatkan pemerintah daerah untuk tidak lengah dan tetap menjaga kewaspadaan," pungkasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved