Breaking News:

Bu Kades di Bogor Terpaksa Gunakan Rumahnya untuk Jadi Kantor Desa, Staf Lama Mengundurkan Diri

Langkah yang diambil Cucum yakni mendirikan kantor desa darurat berupa bangunan rumah milik pribadinya

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Cucum Ratna Suminar 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBUNGBULANG - Disaat Pemerintah Pusat menggalakkan program infrastruktur yang baik dan nyaman serta dapat dinikmati publik, pada kenyataannya masih ada permasalahan kecil di lingkup Pemerintahan Desa.

Permasalahan kecil di lingkup Pemerintahan Desa itu yakni tidak tersedianya kantor desa yang representatif dan menunjang kinerja para pemangku kebijakan di tingkat desa tersebut.

Tidak memiliki bangunan ataupun kantor desa yang tetap membuat Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Cucum Ratna Suminar berpikir keras untuk mencari solusi agar pihaknya dapat terus memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat.

Langkah yang diambil Cucum yakni mendirikan kantor desa darurat berupa bangunan rumah milik pribadinya. Hal itu dilakukan agar pelayanan publik dapat terus berjalan.

"Pertama, Kantor Desa Sukamaju darurat ini memang terpaksa saya siapkan di sini karena memang tidak ada tempat lagi yang lain. Untuk solusi, dari Kecamatan Cibungbulang maupun Pemerintah Kabupaten Bogor belum ada masukan harus bagaimana? Apakah harus mengontrak atau hak guna pakai saja? Belum ada tanggapan," ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Lebih lanjut, Cucum menceritakan bahwa pihaknya telah menempati kantor desa darurat itu selama kurun waktu dua bulan.

Terkait alasan tidak menempati kantor desa yang lama, Cucum hanya berbicara bahwa kantor desa yang lama merupakan milik perorangan.

"Kantor desa darurat ini sengaja dibuat untuk tetap melayani masyarakat sepenuhnya.  Kecamatan kan sudah tahu sendiri, sudah mengetahui keadaan saya digugat agar tidak menempati kantor desa yang lama karena itu milik hak keluarga. Jadi saya sadar sendiri untuk membuka kantor darurat di rumah saya yang kecil ini," jelasnya.

Rumah Cucum Ratna Sumirah yang dipergunakan untuk Kantor Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor
Rumah Cucum Ratna Sumirah yang dipergunakan untuk Kantor Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Cucum mengaku mengalami banyak kendala ketika menempati kantor desa darurat yang didirikan di rumah pribadinya.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved