Breaking News:

Ubah Perilaku Warga Hidup Bersih, Program IUWASH Plus Dapat Pujian dari Sekda

kolaborasi tim monev dengan pemerintah ke depan harus terus berjalan untuk menindaklanjuti apa yang telah dihasilkan.

Istimewa/Pemkot Bogor
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengucapkan apresiasi kepada pihak Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengucapkan apresiasi kepada pihak Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH) Plus dan tim monitoring evaluasi (monev) yang telah melakukan pendampingan hingga mampu merubah perilaku warga menjadi hidup lebih bersih dengan membangun sanitasi yang layak.

Hal ini disampaikannya saat pertemuan Multipihak Kujang Geulis Miluan Kalanggengan Pangwangunan Kasehatan Lingkungan (Milangkala) di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Selasa (30/3/2021).

Pendampingan itu mulai dari pemetaan, identifikasi lingkungan, membuat perencanaan kerja hingga penyuluhan bagi masyarakat agar mampu merubah perilakunya.

“Itu semua adalah pekerjaan yang luar biasa. Energi, biaya dan pengorbanan yang dikeluarkan cukup besar,” kata Syarifah.

Langkah yang dilakukan tim monev kata Sekda, yang anggotanya terdiri dari para ibu rumah tangga, disamping menjalankan tugas mengurus rumah tangga, tim monev menunjukkan kepeduliannya untuk memperbaiki lingkungannya dan membangun kesadaran yang besar.

Ia berharap tim monev yang sudah terbentuk tidak dibubarkan.

Semua perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan tim monev harus diikuti tindaklanjuti, khususnya dari Kelompok Kerja (pokja) sanitasi.

“Selanjutnya produk-produk yang telah dihasilkan tim monev akan dijadikan pedoman dan acuan bagi tim sanitasi agar bisa direplikasi di daerah lain atau bahan masukan bagi Kota Bogor, sehingga kedepan bisa menjadi sebuah aset,” jelasnya.

Ke depan ada lima kelurahan yang akan dijadikan percontohan dalam program kampanye perilaku hidup sehat dan protokol kesehatan, yakni Babakan Pasar, Tanah Sareal, Sempur, Kedung Badak dan Kayu Manis. Selain itu juga ada program pengelolaan sampah dan limbah.

Menurut dia, kolaborasi tim monev dengan pemerintah ke depan harus terus berjalan untuk menindaklanjuti apa yang telah dihasilkan.

Selain itu dibutuhkan dukungan penuh dari semua pihak, khususnya dari kelurahan dalam menyelesaikan permasalahan air dan sanitasi di Kota Bogor agar mampu mencapai target yang maksimal.

Selain Sekda Kota Bogor serta pihak lain yang mengikuti secara virtual, turut hadir secara virtual perwakilan IUWASH Plus, Bill Parente dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Bogor, Abdul Karim.(*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved