Bocah Gizi Buruk

Begini Kondisi Rumah Orangtua Bocah Gizi Buruk di Sukajaya Bogor, Ayah Kerja Jadi Kuli Panggul

Kondisi memprihatinkan menimpa satu keluarga di Kampung Babakan Sipayung RT 02/08, Desa Sipayung, Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Kondisi memprihatinkan menimpa satu keluarga di Kampung Babakan Sipayung RT 02/08, Desa Sipayung, Sukajaya, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAJAYA - Kondisi memprihatinkan menimpa satu keluarga di Kampung Babakan Sipayung RT 02/08, Desa Sipayung, Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Pasangan suami dan istri bernama Ucup Yusuf dan Mumun itu mengalami himpitan ekonomi.

Bahkan, seorang anaknya yang bernama Muhamad Oji (6) menderita gizi buruk.

Selain itu, kedua pasangan itu harus menghidupi empat orang putranya yakni Muhidin, Hambali, Muhammad Saputra serta Muhamad Oji.

Untuk menghidupi keluarganya, Ucup dan Mumun berprofesi sebagai petani di sawah area Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Seorang warga yang enggan disebutkan namanya menjelaskan, himpitan ekonomi membuat kedua pasangan suami istri tersebut harus bekerja ekstra.

"Pak Ucup dan Bi Mumun itu profesinya petani. Mereka gigih mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya," ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Update Terkini Bocah Kurang Gizi di Sukajaya Bogor, Sudah Dibawa ke RSUD Leuwiliang

Lebih lanjut, warga yang tidak ingin disebutkan namanya itu menceritakan bahwa untuk menghidupi keluarganya, Ucup rela banting tulang.

"Selain bertani, pak Ucup ini bekerja sebagai kuli panggul. Selain itu, pak Ucup juga memelihara ayam yang diternak kemudian hasilnya dijual," bebernya.

Kondisi memprihatinkan menimpa satu keluarga di Kampung Babakan Sipayung RT 02/08, Desa Sipayung, Sukajaya, Kabupaten Bogor.
Kondisi memprihatinkan menimpa satu keluarga di Kampung Babakan Sipayung RT 02/08, Desa Sipayung, Sukajaya, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Pantauan TribunnewsBogor.com, kondisi rumah Ucup dan Mumun jauh dari kemewahan. Di mana, dinding rumahnya terbuat dari bilik.

Tak hanya itu, di dalam rumah tersebut juga tidak terdapat kamar mandi atau toilet.

Baca juga: BREAKING NEWS - Kurang Makan, Bocah 6 Tahun di Sukajaya Bogor Derita Gizi Buruk

Sedangkan kondisi dapurnya hanya beralaskan tanah dan menyatu dengan kandang ayam ternakan.

Baca juga: Kisah Pilu Bocah Penderita Gizi Buruk di Bogor, Orangtua Ngutang ke Warung Demi Anaknya Bisa Makan

Warga yang enggan disebutkan namanya itu juga menceritakan bahwa selain Ucup dan Mumun terdapat tiga rumah yang kondisinya serupa.

Dia berharap agar pemangku kebijakan dalat memperhatikan kondisi yang dialami warganya.

"Ada 3 rumah yang sebenarnya memprihatinkan. Saya berharap kondisi yang terjadi saat ini menjadi perhatian khusus bagi para pemangku kebijakan," ungkapnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved