Breaking News:

Info Kesehatan

Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Lansia, Jangan Diabaikan !

berbeda pada orang dewasa muda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama vaksinasi Covid-19 pada kelompok lanjut usia ( lansia).

Istimewa/Pemkot Bogor
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan peninjauan vaksinasi yang digelar di IPB International Convention Center (IICC) Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, melalui saluran video conference, Senin (8/3/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Vaksin pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Kemudian menjaga tubuh agar tidak dapat terinfeksi oleh serangan virus, bakteri dan kuman. Sehingga seseorang tidak mudah mengalami sakit.

Begitu pula program vaksinasi Covid-19 yang dijalankannya oleh pemerintah saat ini.

Selain meningkatkan imunitas, vaksinasi harus aman dan efektif. Dan yang terpenting dari semua itu tentu dapat menimbulkan kekebalan.

Namun, berbeda pada orang dewasa muda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama vaksinasi pada kelompok lanjut usia ( lansia).

Baca juga: Takut Jarum Suntik, Reza Rahadian Tegang Saat Vaksin Covid-19, Begini Akhirnya

Baca juga: Vaksinasi Jemput Bola, Lansia di Panti Wreda Kota Bogor Mulai Divaksin

Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia disaksikan CEO PT Lippo Malls Indonesia, Eddy Mumin (berdiri, kiri) dan Mall Direktur Cibubur Juntion, Pahala Situmeang (berdiri, kanan) pada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Cibubur Junction, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). Lippo Malls menambah jumlah mal untuk membuka layanan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen Lippo Malls dalam mendukung pemerintah melalui gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional untuk merealisasikan target nasional 1 juta vaksin per hari, di Cibubur Juntion. Tribunnews/Jeprima
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia disaksikan CEO PT Lippo Malls Indonesia, Eddy Mumin (berdiri, kiri) dan Mall Direktur Cibubur Juntion, Pahala Situmeang (berdiri, kanan) pada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Cibubur Junction, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). Lippo Malls menambah jumlah mal untuk membuka layanan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen Lippo Malls dalam mendukung pemerintah melalui gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional untuk merealisasikan target nasional 1 juta vaksin per hari, di Cibubur Juntion. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Menurut pemaparan dari Prof. Dr. dr Sitti Setiati SpPD-KGer,M.Epid, lansia memang dapat merasakan efek samping sedikit lebih tinggi dibandingkan dewasa muda.

Namun sejauh ini, efek samping yang ditimbulkan belum ketahap yang lebih serius.

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini Bahaya Rumput Fatimah untuk Persalinan

Baca juga: Tanda Virus Corona Membuat Orang yang Pernah Sakit Covid-19 Stres, Waspada Jika Alami Salah Satunya

Setelah vaksin, setiap orang akan mengalami reaksi vaksin.

Pertama dirasakan itu adalah reaksi lokal.

Kedua adalah nyeri atau pegel.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved