Breaking News:

Jelang Ramadan, Jurnalis Bogor Barat Jaga Soliditas Melalui Kegiatan Ini

Jelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, Jurnalis Bogor Barat (JBB), menggelar Cucurak Camping Budaya di situs Cibalay. 

Istimewa
Jelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Jurnalis Bogor Barat (JBB), menggelar Cucurak Camping Budaya di situs Cibalay. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TENJOLAYA - Jelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, Jurnalis Bogor Barat (JBB), menggelar Cucurak Camping Budaya di situs Cibalay

Cucurak merupakan tradisi sambut bulan puasa yang dilakukan oleh umat Muslim yang berada di daerah Bogor, Jawa Barat.

Tradisi ini juga dilakukan oleh para Jurnalis yang tergabung dalam JBB, Kabupaten Bogor dengan tema 'Cucurak Camping budaya 2-4 April 2021', di mana dalam beberapa hari ke depan, JBB akan berada di daerah Situs Cibalay, Desa Tapos 1, kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

"Sebelum bulan puasa tiba, dengan menggelar Cucurak kegiatan dengan makanan menu-menu yang sederhana seperti nasi, lauk, sayur dan sambal disajikan di atas daun pisang, para jurnalis juga lakukan lomba Vlogger dan Youtube tentang budaya peninggalan sejarah yang ada di situs Cibalay," ujar Iman Mande selaku ketua JBB, Jumat (2/4/2021).

Lebih lanjut, Iman mande mengatakan, Cucurak berasal dari kata curak-curak yang diartikan dengan kesenangan atau suka-suka. 

Dalam adat Sunda, Cucurak lebih sering dilakukan untuk menyambut datangnya Ramadan

"Niat menyambut Ramadan juga sebagai sarana silaturahmi dan momen memaafkan, cucurak juga merupakan bentuk rasa syukur dan saling berbagi terhadap rezeki yang telah diberikan Tuhan kepada kita," paparnya.

Sementara itu, Iman Mande membeberkan bahwa anggota JBB melakukan beberapa kegiatan menarik untuk menambah keseruan acara.

"Adapun kegiatan acara lomba Vlog dan YouTube ini salah satu bentuk kepedulian Jurnalis untuk menyuguhkan informasi melalui berita kepada masyarakat tentang budaya sejarah yang ada di situs Cibalay kepada warga Bogor dan di luar Bogor," tandasnya

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved