Breaking News:

50 Paralegal YKAB Diuji Kompetensi di Kota Bogor

Sebanyak 50 orang paralegal Jabodetabek dan Banten menjalani uji kompetensi di SMK Saga Mulya

istimewa
Sebanyak 50 orang paralegal Jabodetabek dan Banten menjalani uji kompetensi di SMK Saga Mulya, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (4/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR SELATAN - Sebanyak 50 orang paralegal Jabodetabek dan Banten menjalani uji kompetensi di SMK Saga Mulya, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (4/4/2021).

Mereka mengikuti uji kompetensi yang digelar oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yayasan Keadilan Anak Bangsa (YKAB).

Ketua Umum LBH YKAB, A. Noer Ali mengatakan bahwa uji kompetensi ini merupakan tahap pertama dari total 218 paralegal di Jabodetabek dan Banten di bawah naungan YKAB.

Paralegal ini nantinya akan diberikan legalitas keanggotaan seperti Kartus Tanda Anggota (KTA) maupun Surat Keputusan (SK) pengangkatan di setiap area cabang.

"Mereka juga dilengkapi sertifikasi untuk mengikuti diklat dan pra diklat, melaksanakan ujian kompetensi, dan nanti akan ada pelantikan dan pengangkatan sumpah bagi paralegal," kata A. Noer Ali.

Dia menjelaskan bahwa paralegal akan bertugas memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat yang tidak terjangkau oleh para tim advokasi seperti di pelosok-pelosok daerah.

Sehingga para anggota parelegal ini harus dibekali ilmu hukum dan legalitas yang jelas.

Terpisah, Pengawas YKAB Sulistiyo Wardoyo menambahkan, kegiatan ujian kompetensi ini merupakan tindak lanjut dari seminar pra diklat paralegal yang digelar sebelumnya.

"Kami mau mendukung program pemerintah bahwa di daerah terpencil dan tidak terjangkau membutuhkan kepanjangan tangan soal penanganan kasus, dan mungkin banyak advokat yang tidak mampu menjangkau warga di pelosok. Sehingga dibuat program pendidikan secara legal yang sah agar paralegal bisa membantu masyarakat," ungkap Sulistiyo Wardoyo.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved