Breaking News:

Area Kalibaru Bojonggede Bogor Akan Disulap Jadi Ruang Terbuka Publik

Citra buruk yang melekat pada Kalibaru, Bojonggede perlahan akan menghilang seiring dengan pembangunan Ruang Terbuka Publik (RTP) yang merupakan progr

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Sterilisasi bangunan di tepi Kalibaru Bojonggede Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Wilayah Kecamatan Bojonggede khususnya bantaran Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor, tahun ini akan disulap menjadi kawasan indah publik.

Citra buruk yang melekat pada Kalibaru, Bojonggede perlahan akan menghilang seiring dengan pembangunan Ruang Terbuka Publik (RTP) yang merupakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Camat Bojonggede, Dace Hatomi mengatakan, kawasan Kalibaru bersama Lapangan Siaga di Desa Bojonggede merupakan satu kesatuan yang akan dipercantik pemerintah pusat. 

Saat ini, kawasan Kalibaru tengah disterilkan untuk dimulainya pengerjaan, bangunan-bangunan tepi sungai mulai diruntuhkan.

"Jadi itu untuk ruang terbuka publik, merupakan program Kotaku dari pemerintah pusat. Kalibaru dengan lapangan siaga termasuk 1 paket yang akan dibuatkan menjadi ruang terbuka publik. Konsepnya akan seperti alun-alun kota," ujarnya.

Proyek tersebut menelan anggaran Rp 8,4 miliar dengan waktu pengerjaan selama 240 hari terhitung dari 28 Desember 2020, Itu merujuk berdasarkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Dengan pembangunan ini diharapkan mampu menjadi ikon baru Bojonggede sekaligus mendorong penataan Kalibaru yang beberapa tahun belakangan kerap dipenuhi sampah.

"Apalagi semenjak normalisasi Kalibaru sudah tidak ada lagi penumpukan sampah. Ini kan sangat jelas program peningkatan kualitas pemukiman kumuh di kawasan Bojonggede," jelas Dace.

Dace pun menargetan program peningkatan kualitas permukiman ini dapat menjadi daya tarik wisata baru dan sarana olahraga bagi warga sekitar, layaknya Taman Sempur yang menjadi unggulan Kota Bogor.

"Kalau sudah selesai penataan ini menjadi ruang terbuka publik tentu bisa dimanfaatkan, karena sejumlah fasilitas seperti area parkir, area olahraga, area bermain akan ada di situ. Tentu perlu dijaga agar tidak terbengkalai," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved