Breaking News:

KPID dan MUI Jabar Berharap Tayangan saat Ramadhan Bernuasa Dakwah Sejuk

Untuk itu semua tayangan selama Ramadhan harus mencerminkan nilai dakwah yang sejuk.

Foto ist dokumentasi KPID Jawa Barat.
KPID Jawa Barat. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM,  - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat bersama MUI Jawa Barat dan sejumlah Ormas Islam di Jawa Barat mengajak lembaga penyiaran radio dan televisi untuk menjaga kehusyukan bulan suci Ramadhan bagi ummat Islam.

Untuk itu semua tayangan selama Ramadhan harus mencerminkan nilai dakwah yang sejuk.

Dari keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat hal tersebut merupakan catatan dan rekomendasi Fokus Group Discussion (FGD) yang digelar KPID Jawa Barat bersama ormas Islam dengan tema pengawasan Dakwah Sejuk di bulan Ramadhan, di Rumah Penyiaran Jawa Barat jalan Malabar 62 Bandung.

Hal ini dimaksudkan agar makna dakwah yang sesungguhnya dapat terwujud, yakni membangun keharmonisan, persaudaraan dan toleransi.

Dakwah yang dimaksud bukan hanya berwujud khutbah atau ceramah, melain juga tercermin dalam siaran lainnya seperti dalam acara infotainment, film, sinetron dan siaran lainnya.

Komisioner KPID Jabar Sudama Dipawikarta menjelaskan FGD ini digelar untuk kembali mengingatkan tentang bagaimana dakwah di ranah publik.

Oleh karena itu KPI sebagai regulator dan pengawas isi siaran memandang perlu mendengar ahli dakwah di Jawa Barat, untuk berkolaborasi dalam mendorong dakwah sejuk.

Hal yang sama juga digariskan Ketua KPID Jawa Barat Adiyana Slamet bahwa fungsi KPID Jabar adalah menjaga mata dan telinga warga Jawa Barat sehingga melihat dan mengonsumsi siaran yang sehat dan mendorong kebaikan hidup harus diwujudkan oleh lembaga penyiaran.

"karena semuanya diatur dalam uu 32 Tahun 2002 dan P3SPS tentang mengormati Suku, agama, ras dan antar golongan, serta tidak boleh mempertentangkan ajaran agama," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved