Breaking News:

Stadion Merpati Depok Dianggap Layak Menggelar Laga Liga 2, Tiga Tim Ingin Menjadikan Homebase

Standar kelayakan itu ditentukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pihak verifikator sekaligus operator penyelenggara

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Stadion Merpati Depok 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DEPOK - Stadion Merpati Kota Depok dikabarkan layak dan masuk kategori standar tempat penyelenggaraan pertandingan Liga 2 Indonesia.

Standar kelayakan itu ditentukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pihak verifikator sekaligus operator penyelenggara kompetisi sepak bola Indonesia.

Adapun standar kelayakan Liga 2 itu mencakup kualitas rumput, ukuran lapangan yang memadai, memiliki drainase, technical area, team bench, ruang ganti pemain, wasit, panpel, (kapasitas, toilet, shower, kursi-locker, pendingin, meja massage dan lainnya.

Selain itu fasilitas penunjang lainnya yang harus terpenuhi di antaranya fasilitas medis, doping control room, fasilitas media (entrance, press conference room, media center, media tribune, mixed zone, photografer area), fasilitas penonton (area parkir, pintu masuk, jalur tribun, VVIP area, evakuasi, sanitas).

Mendengar kabar Stadion Merpati Kota Depok layak menggelar pertandingan Liga 2, Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah mengaku senang.

Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah saat memberikan keterangan terkait update terbaru Stadion Merpati
Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah saat memberikan keterangan terkait update terbaru Stadion Merpati (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Menurutnya, renovasi sarana prasarana olahraga yang dilakukan Pemerintah Kota Depok perlahan dapat dilihat dan dirasakan publik.

"Alhamdulillah apabila Stadion Merpati ini dianggap layak dijadikan pertandingan sepak bola Liga 2. Kapasitas, rumput, ruang media memang termasuk kategori layak," ujarnya saat ditemui di Kantor Diporyata Kota Depok, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, Rayi membenarkan bahwa sejauh ini sejumlah tim sudah melakukan pengajuan untuk dapat menggunakan Stadion Merpati sebagai homebase.

"Sudah ada beberapa klub ya. Sejauh ini ada 3 klub yang mengajukan ke kami dan ingin bermarkas di Stadion Merpati Kota Depok. Tapi secara SOP ini lapangan Merpati belum bisa digunakan untuk homebase," tegasnya.

Kendati demikian, Rayi menjelaskan bahwa saat ini pihaknya belum dapat mengizinkan klub manapun untuk bermarkas di Stadion Merpati Kota Depok.

Lebih lanjut, Rayi menjelaskan bahwa saat ini pihaknya lebih mengutamakan fasilitas olahraga tersebut dinikmati oleh masyarakat Kota Depok.

"Karena kalau dijadikan homebase maka lapangan itu sepenuhnya digunakan oleh klub tersebut. Kenapa? Kalau sudah digunakan oleh klub, berarti masyarakat Kota Depok atau masyarakat lainnya tidak dapat menggunakan fasilitas itu, karena sudah di blok," tegasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved