Breaking News:

Detik-detik Habib Rizieq Shihab Marah di Persidangan Kasus RS Ummi, Tuding Bima Arya Bohong

Itu disampaikan Habib Rizieq Shihab di sidang pemeriksaan saksi kasus swab test palsu RS Ummi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Rabu (14/4/2021)

Tribun Bogor/Tribunnews.com
Habib Rizieq Shihab marah menuding Bima Arya sebagai pembohong 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Habib Rizieq Shihab sempat marah ketika menanggapi kesaksian Wali Kota Bogor Bima Arya di persidangan.

Habib Rizieq bahkan mengecap Bima Arya sebagai pembohong.

Itu disampaikan Habib Rizieq Shihab di sidang pemeriksaan saksi kasus swab test palsu RS Ummi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Rabu (14/4/2021).

Habib Rizieq membeberkan alasan ingin pulang dari RS Ummi Bogor pada Sabtu (28/11/2020) malam.

"Tidak ada pantangan, tidak nyesek, tidak batuk. Kan saat itu hasil PCR belum keluar. Saya katakan, mudah-mudahan tetap sehat walafiat," kata Habib Rizieq Shihab.

Namun, keterangan Habib Rizieq dianggap bohong oleh Bima Arya.

"Ada di berita acara pemeriksaan Anda dan ini bahaya dilakukan kebohongan, dimana bohongnya ?" kata Habib Rizieq.

"Kalau sudah ada hasil PCR dan dikatakan positif Covid-19, kalau saya berkata sehat, saya bohong. Itu harus dituntut, harus dipenjara, saya rela," tambah Habib Rizieq.

Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan kesaksian dalam sidang kasus tes usap (swab test) palsu RS Ummi Bogor dengan terdakwa Rizieq Shihab. Sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021).(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan kesaksian dalam sidang kasus tes usap (swab test) palsu RS Ummi Bogor dengan terdakwa Rizieq Shihab. Sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021).(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD) ()

Hakim kemudian bertanya kepada Bima apakah tetap berdasarkan pernyataannya.

"Berarti jawaban saudara di BAP benar?" tanya hakim kepada Bima Arya.

"Benar," jawab Bima.

Habib Rizieq pun kesal dan menuding Bima Arya sebagai pembohong.

"Baik kalau gitu saya tidak mau bertanya lagi, saya bikin pernyataan saja bahwa saksi Bima Arya pada hari ini melakukan kebohongan demi kebohongan," kata Habib Rizieq.

Menurut Habib Rizieq, Bima Arya berbohong bahwa RS Ummi telah melanggar kesepakatan.

"Dia berbohong kalau RS Ummi itu melanggar kesepakatan, dia berbohong lalu mengatakan Habib Hanif (Alatas) itu berbohong melanggar kesepakatan," kata Habib Rizieq.

Jaksa penuntut umum lantas menyela pernyataan Habib Rizieq.

"Cukup jaksa penuntut umum, ini hak saya bicara. cukup," teriak Habib Rizieq Shihab sembari menunjuk-nunjuk jaksa penuntut umum.

Bima Arya yang duduk di tengah-tengah antara Habib Rizieq dan JPU lantas mengangkat tangannya.

Sedangkan Habib Rizieq masih terus berbicara dengan nada tinggi.

Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan kesaksian dalam sidang kasus tes usap (swab test) palsu RS Ummi Bogor dengan terdakwa Rizieq Shihab. Sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021).(DOKUMENTASI TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB)
Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan kesaksian dalam sidang kasus tes usap (swab test) palsu RS Ummi Bogor dengan terdakwa Rizieq Shihab. Sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021).(DOKUMENTASI TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB) ()

"Anda memidanakan. Pasien dipidanakan. Anda ini melakukan kriminalisasi pasien, kriminalisasi RS. Anda yang memidanakan. Jadi saya berhak membela diri karena saya yang akan dipenjara, bukan anda," kata Habib Rizieq.

Meski sudah ditenangkan hakim, Habib Rizieq Shihab terus menuding Bima Arya berbohong.

"Beliau sudah disumpah untuk tidak berbohong. Sekarang saya membuktikan beliau berbohong. Itu hak saya penuntut umum," kata Habib Rizieq.

Melansir Kompas.com, Bima mengatakan bahwa pernyataannya di dalam persidangan sudah sesuai.

Ia menekankan, apa yang disampaikan Rizieq memang tidak benar.

Wali Kota Bogor Bima Arya setelah memberikan kesaksian dalam sidang kasus tes usap palsu Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarra Timur, Rabu (14/4/2021).(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Wali Kota Bogor Bima Arya setelah memberikan kesaksian dalam sidang kasus tes usap palsu Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarra Timur, Rabu (14/4/2021).(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD) ()

Rizieq sebelumnya mengatakan bahwa dirinya sudah bugar dan memutuskan pulang dari RS Ummi pada pada Sabtu (28/11/2020) malam.

"Soalnya indikasi (terpapar) Covid-19 ada, tim dokter pun kan menyampaikan kepada Rizieq tadi, bahwa dia di RS Ummi itu (tes) antigennya sudah positif. Artinya memang tidak sehat," kata Bima kepada wartawan, Rabu.

Oleh sebab itu, Bima kemudian meminta RS Ummi untuk melakukan swab test bagi Rizieq.

"Karena saya harus memutus rantai penularan, apa pun itu," kata Bima yang juga sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor itu.

Kompas.com

Berita tentang Bima Arya

Berita tentang Habib Rizieq Shihab

Penulis: Sanjaya Ardhi
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved