Breaking News:

Ramadan 2021

Saat Ramadan, Santri Ponpes Daarul Ouran Alkautsar Cibinong Bisa Khatam Al Quran dalam Waktu 3 Hari

Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Alkautsar, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan Tadarus rutin.

TribunnewsBogor.com/ Yudistira Wanne
Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Alkautsar, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan Tadarus rutin yang dilakukan selama bulan Ramadan 1442 Hijriah. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Alkautsar, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan Tadarus rutin yang dilakukan selama bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Ketua Panitia Ramadan Ponpes Daarul Quran Alkautsar, Salahuddin Al Ayubi mengatakan bahwa kegiatan Tadarusan itu wajib diikuti para santrinya.

"Selama Ramadan kita khusus Tadarus dan hanya kegiatan itu saja yang rutin dilakukan dari awal Ramadan sampai akhir Ramadan," ujarnya, Jumat (16/4/2021).

Terlepas dari bulan Ramadan, Ponpes yang dikhususkan bagi laki-laki ini biasanya diisi oleh kegiatan menghafal Quran. 

Menurut Salahuddin, santri di Ponpesnya pada saat bulan Ramadan mampu membaca Al Quran dan menghafalnya dalam beberapa Juzz.

"Ada dari mereka yang dapat baca hingga 10 Juzz perharinya, jadi bisa khatam Quran dalam waktu tiga hari. Ada juga yang masih terbata-bata membacanya karena masih belajar," bebernya.

Sementara itu, setiap santri pun ditargetkan minimal dapat khatam atau tamat membaca Al Quran sampai 3 kali. 

Jadi, bila setiap santri dapat khatam dalam waktu 3 hari akan terus diulang sampai Ramadan itu berakhir.

"Tadarus ini rutin dilakukan selama Ramadan, tahun ini, sebelumnya juga. Jadi setiap tahun dan selalu berjalan Alhamdulillah ini sudah tahun ke lima berjalan. Dalam sehari itu hanya 1 jam pelaksanaan Tadarus, karena rata-rata 30 menit saja anak-anak bisa selesaikan 1 Juz," ungkapnya.

Sementara, Ari (12) salah satu santri mengaku setiap harinya membaca Al Quran sebagai amalan selama Ramadan sekaligus belajar menghafal Quran. 

"Sudah masuk Juz 5 di hari ke empat puasa, semangat belajarnya karena amalan tambahan selama bulan puasa," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved