Breaking News:

Genjot PNBP, Kementerian Perikanan dan Kelautan Akan Kembangkan 3 Jenis Hasil Laut untuk Ekspor

Diretur Pemasaran Ditjend Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP RI Machmud mengatakan strategi yang pertama dilakukan adalah meningka

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Diretur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP RI Machmud menghadiri kegiatan GemarIkan di, Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Sabtu (17/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kementerian Perikanan dan Kelautan membuat tiga trobosan baru ditahun 2020 dan 2021 mendatang.

Diretur Pemasaran Ditjend Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP RI Machmud mengatakan strategi yang pertama dilakukan adalah meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Pak menteri saat ini punya program jadi ada terobosan, jadi program menteri itu ada tiga pertama itu bagaiaman meningkatkan PNBP karena sumber daya ikan kita itu luar biasa tapi PNBP nya kecil," katanya saat menhadiri kegiatan GemarIkan di, Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Sabtu (17/4/2021).

Untuk mendukung itu kata Machmud program yang kedua adalah meningkatkan ekspor.

Peningkatan ekspor dilakukan dengan mengembangkan tiga potensi hasil laut.

"Pak menteri menginginkan peningkatkan ekspore berbasis budidaya riset disana, dan diambil tiga diman (permintaan) udang, lobster dan rumput laut itu yang akan di kembangkan untuk eskpor karena nilai dunia itu pasar dunia itu besar," ujarnya.

Selanjutnya adalah pengembangan kampung berbasis budidaya lokal.

Kedepan KKP akan fokus juga terhadap pengembangan kampung yang memiliki budisaya berbasis kearifan lokal.

Dengan begitu potensi tersebut bisa dimanfaatkan warga sekitar dan bisa juga disebar ke pasar luar wilayah.

"Makanya dicari tuh kearifan lokal itu apa saja, seperti di Bogor kita hunting, apa itu yang dikembangkan, karena nantinya disetiap tempat beda-beda karena manfaat ikan itu luar biasa, bisa diolah menjadi berbagai makanan," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved