Breaking News:

Ramadhan 2021

Cara Ngabuburit Unik Pemuda di Bojonggede Bogor, Tangkap Ikan dan Lobster dengan Tangan Kosong

Bermodalkan kedua tangan, seorang pemuda warga Kampung Sudi Mampir, Desa Cimanggis, Bojonggede, Kabupaten Bogor

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Pemuda di Bojonggede tengah mencari lobster sambil ngabuburit 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Bermodalkan kedua tangan, seorang pemuda warga Kampung Sudi Mampir, Desa Cimanggis, Bojonggede, Kabupaten Bogor bernama Boik (23) turun ke rawa untuk mencari lobster dan ikan.

Hal yang dilakukan Boik adalah salah satu tradisi ngabuburit yang ada di kampungnya ketika menunggu waktu berbuka puasa saat bulan suci puasa tiba.

Menurut Boik, anak-anak di kampungnya banyak yang ngabuburit dengan cara mencari ikan, lobster maupun belalang.

"Cari ikan, udang lobster, nyari belalang juga. Biasanya ngabuburit di sini dilakukan setelah salat Ashar. Ramai di sini anak-anak juga yang ngabuburit," ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut, Boik mengaku tidak merasa kesulitan menangkap lobster dan ikan dengan tangan kosong tanpa bantuan alat apapun

"Gampang sih kalau mencari lobster. Saya biasa menangkap ikan dan lobster itu pakai tangAn kosong. Saya tidak takut," jelasnya.

Hasil tangkapan ikan dan lobster
Hasil tangkapan ikan dan lobster (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Sementara itu, Boik membeberkan bahwa dirinya sempat menemukan hewan lain yang tidak diinginkan selama proses pencarian lobser maupun ikan.

"Kadang juga saat cari-cari lobster atau ikan di empang, kan dicari di lubang-lubang. Nah kalau lagi kurang beruntung malah ketemu ular. Kalau sudah bertemu seperti itu saya mundur," bebernya.

Boik pun mengatakan, hasil tangkapan ikan dan lobster saat ngabuburit itu untuk menu santap sahur ataupun berbuka puasa.

"Hasilnya itu untuk menu buka puasa ataupun sahur nanti.  Saya senang saja ngabuburit mencari ikan dan lobster, jika dibandingkan harus keluyuran ke tempat-tempat ramai seperti itu," ucapnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved