Breaking News:

Saat di RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab Ternyata Tak Langsung Tes PCR

Dalam persidangan, Nerina menyebut hanya melakukan pemeriksaan umum seperti CT Scan hingga laboratorium kepada Rizieq Shihab meski saat itu dalam kead

Editor: Ardhi Sanjaya
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Jalannya persidangan lanjutan kasus hasil swab test palsu atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (21/4/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit (RS) UMMI Bogor dr Nerina Maya Kartifa mengatakan, saat Rizieq Shihab pertama kali tiba di Rumah Sakit, pihaknya tidak langsung mengambil tindakan test swab PCR untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Dalam persidangan, Nerina menyebut hanya melakukan pemeriksaan umum seperti CT Scan hingga laboratorium kepada Rizieq Shihab meski saat itu dalam keadaan reaktif Covid-19 hasil rapid test Antigen. 

Hal itu disampaikan Nerina saat dirinya duduk sebagai saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (21/4/2021). 

Mulanya, Nerina menjabarkan kronologi Rizieq Shihab sebagai pasien yabg datang ke RS UMMI pada 23 November 2020 sekira pukul 24.00 WIB. 

Kata dia, kehadiran Rizieq itu didampingi dr Hadiki Habib dari MER-C yang merupakan dokter yang melakukan test rapid antigen serta dokter pribadi Rizieq Shihab.

"Dokter Hadiki selaku pendamping Rizieq kemudian melakukan operan (penyerahan pasien, beserta keterangan pemeriksaan sebelumnya) secara lisan kepada saya, Hadiki melaporkan bahwa Rizieq terkonfirmasi (Covid-19) usai jalani rapid antigen di kediamannya di kawasan Sentul," kata Nerina dalam persidangan, Rabu (21/4/2021).

Kendati begitu, pernyataan terkonfirmasi dari Hadiki tersebut menjadi perdebatan di ruang sidang antara Majelis Hakim Khadwanto dan Nerina.

Lantas, Khadwanto menanyakan definisi kedokteran perihal terkonfirmasi tersebut kepada Nerina.

Kata Nerina, istilah terkonfirmasi dalam Covid-19 yakni hasil postif dari seseorang yang sudah jalani tes swab PCR.

"Begini yang mulia kalau terkonfirmasi itu artinya sudah dilakukan swab PCR. Kata-kata terkonfirmasi itu base on swab PCR," jawabnya. 

Bima Arya dicecar Rizieq Shihab
Bima Arya dicecar Rizieq Shihab (Youtube Kompas TV)
Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved