Breaking News:

Inti Geopark Pongkor Bogor Terdampak Bencana, Rugi Rp 1,4 Triliun

Burhanudin mengatakan bahwa tahun 2019-2020 musibah bencana banjir dan longsor menimpa empat kecamatan di kawasan Geopark yaitu Jasinga, Cigudeg, Nang

Dok Pemkab Bogor
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin dalam rapat koordinasi dengan Badan Pengelola Geopark Pongkor di Kantor Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Kamis (22/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Pengembangan kawasan Geopark Nasional Pongkor menuju Geopark Pongkor sebagai Universal Global Geopark (UGG) tertunda akibat bencana alam dan pandemi Covid-19.

Hal ini dibahas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin dalam rapat koordinasi dengan Badan Pengelola Geopark Pongkor di Kantor Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Kamis (22/4/2021).

Burhanudin mengatakan bahwa tahun 2019-2020 musibah bencana banjir dan longsor menimpa empat kecamatan di kawasan Geopark yaitu Jasinga, Cigudeg, Nanggung dan Sukajaya ditambah pandemi Covid-19 di awal tahun 2020. 

"Hal itu berdampak terhadap pembangunan daerah terutama terhadap pengembangan Kawasan Geopark Nasional Pongkor," kata Burhanudin.

Beberapa program pengembangan kawasan Geopark Nasional Pongkor baik yang bersumber APBD Kabupaten Bogor maupun APBD Provinsi Jabar terdampak.

Salah satunya adalah bantuan Pemprov Jabar senilai Rp 26,85 miliar yang dialihkan untuk pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Itu berdampak tertundanya kegiatan pembangunan dan peningkatan infrastruktur di wilayah Geopark, bahkan akibat bencana alam di 4 kecamatan yang akan jadi inti Geopark kita mengalami kerugian mencapai Rp 1,4 triliun rupiah," ujar Burhanudin.

Dia menjelaskan bahwa hal ini sebenarnya sudah masuk di Teras Pancakarsa dan menjadi program prioritas.

Namun karena bencana alam dan pandemi Covid-19, pendanaan dari provinsi tidak turun karena dana tersebut digunakan untuk penanganan Covid-19.

Burhanudin mengimbau, kepada setiap anggota pengurus Badan Pengelola Geopark Pongkor untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan optimal. 

"Kami juga berharap peran serta para pengusaha untuk mendukung pengembangan Kawasan Geopark Nasional Pongkor melalui program edukasi dan pemberdayaan masayrakat serta pengembangan sarana dan prasarana," pungkasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved