Breaking News:

Ramadhan 2021

Santri di Ponpes Sunanurahman Bogor Diajarkan Budidaya Ikan Hias dan Tanaman Hias

Pimpinan Ponpes Sunanurrahman Kota Bogor, Ust Malik Rahman mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan dengan harapan setelah lulus para santri bisa menja

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pondok pesantren Sunanurrahman 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Selain fokus utama membentu santri dan santriwati yang cinta terhadap Al-Quran, Pondok pesantren (Ponpes) Sunanurrahman yang berada di Kampung Masjid, Kelurahan Mekarwangi, Jalan Kyai H Ahmad Sya'yani RT 3/7, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor diajarkan juga untuk pengembangan minat dan bakat.

Belum lama ini  para santri mengikuti pelatihan bercocok tanam seperti tanaman hias dan ikan hias.

Pimpinan Ponpes Sunanurrahman Kota Bogor, Ust Malik Rahman mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan dengan harapan setelah lulus para santri bisa menjadi santri yang mandiri.

"Selain ilmu agama yang utama, para santri juga memiliki keilmuan dan wawasan yang luas dan juga disisi lain memiliki keahlian untuk kehidupan mereka dimasa mendatang," ujarnya.

Selain itu para santri dan santriwati juga diharapkan bisa mempraktekan dan mengamalkan apa yang sudah dimiliki dalam kehidupan sehari hari sehingga bisa berbagi ilmu dengan lingkungan sekitar.

Di dalam pesantren yang baru didirikan pada tahun 2017 memiliki dua tipe santri.

Santri pertama adalah santri mukim yang berasal dari daerah luar Kota Bogor dan santri kedua adalah non mukim yang berasal dari warga sekitar.

Untuk santri yang bermukin dan tinggal selama 24 jam di pondok pesantren akan mendapatkan materi materi pembelajaran satu hari penuh sedangkan santri yang tidak bermukim akan mengikuti pengajian magrib, isya dan subuh.

Selepas itu santri non mukim akan kembali ke rumahnya sedangkan santri yang bermukim akan melanjutkan pembelajaran agama atau sekolah umum yang berada disekitar pesantren.

“Pengajian atau materi yang diberikan adalah setiap selesai shalat, tujuannya agar mereka menguasai ilmu salat dan fasih membaca Quran, sehingga kelak mereka bisa menjadi generasi yang cinta Quran,”ujarnya

Tak hanya mengaji, santri di Sunanurrahman juga dibekali dengan bimbingan tilawah dan pidato.

Selain itu juga ada beberapa kitab yang diajarkan untuk semakin memperluas keilmuan dan wawasan para santri.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved