Breaking News:

Terapkan Ilmu Perkuliahan, Mahasiswa IPB Kelola Bisnis Budidaya Ikan Cupang

Terapkan Ilmu Perkuliahan, Sejumlah Mahasiswa IPB Mengelola Bisnis Budidaya Ikan Cupang

Fathur Novriantomo/Program Studi Komunikasi SV IPB
Empat mahasiswa semester 6 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) membuat usaha budidaya ikan cupang bernama Institut Betta Farm. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Budidaya ikan hias seakan telah menjadi tren di tengah masyarakat sejak tahun 2020.

Tren tersebut turut meningkatkan kebutuhan masyarakat akan ikan cupang.

Menanggapi maraknya kebutuhan masyarakat akan ikan cupang, empat mahasiswa semester 6 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) membuat usaha budidaya ikan cupang bernama Institut Betta Farm.

Nama Institut Betta Farm sendiri diambil dari kata Institut yang berasal dari nama Institut Pertanian Bogor, kata Betta dari nama ilmiah ikan cupang dan Farm yang berarti tempat ternak atau budidaya.

Institut Betta Farm berjalan sejak tahun 2020, ketika keempat mahasiswa FPIK IPB memiliki tujuan yang sama yakni membuat usaha budidaya ikan cupang.

Mereka memilih ikan cupang karena mudah dalam penerapan budidayanya serta sedang menjadi tren yang marak di masyarakat.

Empat mahasiswa semester 6 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) membuat usaha budidaya ikan cupang bernama Institut Betta Farm.
Empat mahasiswa semester 6 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) membuat usaha budidaya ikan cupang bernama Institut Betta Farm. (Fathur Novriantomo/Program Studi Komunikasi SV IPB)

Selain itu, mereka juga ingin menerapkan ilmu yang mereka pelajari di bangku perkuliahan sekaligus menambah pengalaman dalam pengelolaan bisnis ikan hias.

“Kita berempat memiliki tujuan yang sama yaitu, mendirikan sebuah usaha di bidang perikanan tapi yang tidak terlalu sulit untuk diproduksi, jadi kita memilih komoditas ikas cupang yang mana dari segi perawatan dan produksi tergolong mudah dan bisa dikerjakan sambil kuliah,” ujar Fadhlan, salah satu pengelola Institut Betta Farm.

Institut Bettafarm menyediakan berbagai pilihan ikan cupang dan toples penampungan ikan cupang.

Jenis ikan cupang yang dijual adalah jenis Super Red dan Multicolor.

Harga yang ditawarkan untuk ikan cupang mulai dari 50 ribu rupiah hingga 430 ribu rupiah, tergantung pada kualitasnya.

Halaman
12
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved