Breaking News:

Berburu Lumpia Basah di Jalan Suryakencana Bogor, Murah Meriah Bikin Kenyang

Bogor yang dijuluki sebagai kota hujan menjadi salah satu pilihan wisatawan lokal maupun asing untuk melakukan wisata kuliner.

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Muhamad Fajar Zulfyan / Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB
Lumpia Basah Bogor di Jalan Suryakencana, Kota Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Lumpia Basah Bogor bisa jadi pilihan takjil untuk berbuka puasa.

Bogor yang dijuluki sebagai kota hujan menjadi salah satu pilihan wisatawan lokal maupun asing untuk melakukan wisata kuliner.

Kuliner di daerah Bogor mempunyai ragam cita rasa. Kawasan di Kota Bogor yang terkenal dengan kuliner legendarisnya berada di Jalan Suryakencana.

Salah satu santapan yang wajib dicoba adalah lumpia basah khas Bogor.

Lumpia Basah Bogor ini sudah ada sejak tahun 1958, dan sudah 4 generasi sampai sekarang.

Lumpia Basah Bogor menggunakan sejumlah bahan berupa tauge, bengkuang, tahu, ebi (udang kering) giling, dan juga telur.

Untuk lokasinya sendiri, Lumpia Basah Bogor ini berada di Jalan Suryakencana, samping toko Ngesti tepat berada di seberang Gejera GSJA Betlehm dan Dumbo toko alat-alat tulis, kerajinan, mainan dan kue.

Lumpia Basah Bogor Jalan Suryakencana, Kota Bogor.
Lumpia Basah Bogor Jalan Suryakencana, Kota Bogor. (Muhamad Fajar Zulfyan / Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB)

Biasanya, Lumpia Basah Khas Bogor ini buka pada siang hari pukul 11.00 WIB sampai habis (sekitar pukul 15.00 – 16.00 WIB).

Untuk harga per porsinya yaitu Rp 15.000. Pembayarannya sudah bisa menggunakan Ovo dan Gopay jadi dapat memudahkan anda yang tidak membawa uang cash.

Cara pembuatannya pun masih tradisional dengan berbahan bakar arang. Karena berbahan bakar arang ini, memiliki cita rasa yang khas.

Membuatnya pun cukup memasukkan bahan ke dalam kuali. Setelah siap taruh semua isian tadi ke dalam kulit lumpia yang dilapisi daun pisang.

Rasa lumpia basah ini cenderung asin, manis, dan gurih. Anda juga akan merasakan kerenyahan dari bengkuang saat mengunyahnya.

Untuk rasa pedas bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk aromanya sendiri sangat menggoda dan menggugah selera para pembeli karena menggunakan ebi giling.

“Rasanya enak dan porsinya juga besar yah jadi bisa buat bikin aku kenyang,” menurut Tania salah satu pembeli Lumpia Basah Khas Bogor ini. Untuk yang penasaran bisa langsung saja ke Jalan Suryakencana No.89, RT.03/RW.06, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

(Muhamad Fajar Zulfyan / Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi IPB)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved