Breaking News:

Jadwal Ujian Masuk Mandiri di 5 PTN Favorit Termasuk UI dan IPB, Segini Kuota Maba yang Dibutuhkan

Kini, proses seleksi yang tengah berjalan adalah SBMPTN. Sementara jalur seleksi yang tersisa masuk perguruan tinggi negeri adalah jalur mandiri.

Editor: Tsaniyah Faidah
TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana
Institut Pertanian Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk Tahun Akademik 2021/2022 telah dimulai sejak penyelenggaraan SNMPTN beberapa waktu yang lalu.

Kini, proses seleksi yang tengah berjalan adalah jalur kedua atau SBMPTN. Baik SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Sementara jalur seleksi yang tersisa masuk perguruan tinggi negeri adalah jalur mandiri yang penyelenggaraannya ada di bawah masing-masing kewenangan perguruan tinggi.

Dan berikut ini adalah 5 Perguruan Tinggi Negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri:

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuka jalur mandiri sebagai salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru di Tahun Akademik 2021/2022.

Berdasarkan informasi resmi dari laman Undip, mereka menyediakan 5.089 kursi untuk mahasiswa baru dari jalur ini.

Nantinya, jalur mandiri atau dikenal dengan istilah Ujian Mandiri (UM) juga akan terbagi menjadi dua program: UM Regular (4.686 kursi) dan UM Internasional Undergraduate Program atau IUP (403 kursi).

Selanjtunya, sistem penilaian tidak menggunakan hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), namun menggunakan hasil ujian online yang akan dikombinasikan dengan portofolio dari calon mahasiswa.

Ujian online akan dilakukan melalui portal yang khhusus dan terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA).

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved