Breaking News:

Jelang Larangan Mudik, Penumpang Bus AKAP di Terminal Baranangsiang Kota Bogor Meningkat 3,2 Persen

Peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus di terminal ini tercatat mengalami kenaikan pada April 2021.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Terminal Baranangsian 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Jelang pemberlakuan larangan mudik, pengguna layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Baranangsiang Kota Bogor mengalami peningkatan sebesar 3,2 persen.

Peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus di terminal ini tercatat mengalami kenaikan pada April 2021.

"Kenaikan jumlah pengguna layanan AKAP sebesar 3,2 persen tercatat di Terminal Baranangsiang Bogor," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana B. Pramesti dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa mulai pada bulan Januari sampai dengan Maret, rata-rata per hari Terminal Baranangsiang melayani penumpang sekitar 203 orang.

"Pada bulan April ini tercatat melayani sebanyak 209 penumpang per hari," kata Polana B. Pramesti.

Adanya kecendrungan peningkatan penumpang jelang pelarangan mudik ini, kata Polana juga terjadi di Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Sebagai upaya dalam menekan penyebaran Covid-19, Polana mengataian bahwa penegakan protokol 

kesehatan pada layanan angkutan umum massal menjadi kunci.

“Implementasi protokol kesehatan harus terus terjaga dengan baik. Saya minta kepada semua Kepala Satuan Pelayanan Terminal yang berada di bawah pengelolaan BPTJ untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan ini,” ungkap Polana. 

Diketahui, terhitung mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 layanan Bus Antar Kota Antar Propinsi  (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) di terminal bus yang berada di Jabodetabek  untuk sementara waktu akan dihentikan.

Langkah ini merupakan tindak lanjut  dari terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian 
Transportasi Selama Masa Idul Fitri Tahun 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pemberhentian sementara layanan AKAP dan AKDP ini baik di terminal yang berada di bawah pengelolaan BPTJ maupun yang berada di bawah pengelolaan Pemerintah Daerah,” kata Polana. 

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved