Breaking News:

DPRD bersama Pemkot Bogor Sahkan Perda Pemberdayaan Koperasi dan UMKM

Anita mengatakan, terdapat tiga poin penting yang tertuang dalam Perda tersebut di antaranya adalah penguatan koperasi di Kota Bogor

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ilustrasi. Suasana rapat paripurna di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor akhirnya menyetujui Peraturan daerah (Perda) tentang pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Penyetujuan Perda yang kemudian disahkan oleh Wali Kota Bogor itu dilakukan melalui Sidang Paripurna yang dilakukan DPRD dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, akhir pekan lalu. 

Ketua Panitia Khusus (Pansus), Anita Primasari Mongan mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk mendorong kebangkitan ekonomi di daerah

Itu juga sebagai upaya untuk memberikan bantuan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Anita mengatakan, terdapat tiga poin penting yang tertuang dalam Perda tersebut di antaranya adalah penguatan koperasi di Kota Bogor, penguatan pada usaha mikro.

Anita mengungkapkan, dalam raperda itu, pihaknya menginginkan Pemkot Bogor lebih memperhatikan nasib para pelaku usaha UMKM.

“Ketiga, pemberdayaan koperasi sebagai salah satu wadah pemberdayaan UMKM, karena peraturan tersebut sebagai tindak lanjut pemerintah terkait Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja," katanya.

Politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan, sesuai dengan UU yang telah disahkan Presiden Joko Widodo, koperasi menjadi agregator UMKM.

Untuk itu, kedepan bisa membantu permodalan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

“Kita ketahui semua sektor terdampak pandemi, kita dorong pengembangan melalui Perda ini," ujarnya.

Sehingga kata Anita koperasi dapat melakukan pembiayaan kepada pelaku UMKM di Kota Bogor yang mungkin membutuhkan permodalan dalam mengembangkan bisnisnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved