Breaking News:

Tahun Depan, Pasar Tradisional di Kota Bogor Ditargetkan Tidak Gunakan Plastik Sekali Pakai

Hal itu disampaikan Bima Arya usai melakukan nonton bareng Film Pulau Plastik, Jumat (7/5/2021).

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Warga Kota Bogor membawa tas belanja sendiri dari rumah saat berbelanja ke Pasar Tradisional sejak ada aturan larangan kantong plastik di Kota Bogor, Senin (3/12/2018) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menargetkan akan mengeluarkan aturan pelarangan kantong plastik sekali pakai.

Hal itu disampaikan Bima Arya usai melakukan nonton bareng Film Pulau Plastik, Jumat (7/5/2021).

Bima mengatakan Kota Bogor sudah dua tahun lebih menerapkan aturan kantong plastik di pasar modern.

"Sekarang sudah masuk fase sosialisasi untuk pasar tradisional kita berharap kita targetkan tahun depan sudah berjalan," katanya.

Merujuk pada proses penerapan larangan kantong plastik di Pasar Modern kata Bima perlu dilakukan sosialisasi diawal.

Sosialisasi kata Bima dilakuka  kurang lebih selama satu tahun.

"Seperti kemarin itu kita mulai awal tahun juga nah jadi sekarang kita intensifkan sosialisasi sampai akhir tahun,  tahun depan diseluruh pasar tradisional tidak ada penggunaan kantong plastik," ujarnya.

Langkah Wali Kota Bogor Bima Arya sugiarto itu juga diapresiasi oleh Pengacara muda asal Jakarta Tiza Mafira  yang juga aktivis lingkungan dan pemeran dalam film Pulau Plastik.

"Iya kami menyambut dengan sangat baik bahkan kami juga senang sekali bahwa pemerintah Kota Bogor terbuka untuk berkolaborasi dengan lembaga swadaya masyarakat, kebetulan untuk pasar bebas plastik ada kerjasama juga dengan gerakan Indonesia diet kantong plastik," katanya.

Saat ini kata Tiza para relawan juga sudah masuk ke pasar pasar tradisional di Kota Bogor untuk melakukan kampanye dan edukasi tentang plastik sekali pakai.

"Relawan kami sudah mulai masuk untuk mendata plastik jenis apa sih plastik sekali pakai di pasar tradisional saat ini di Bogor supaya bisa mengurangi ketergantungan kepada kantor plastik sekali pakai," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved