Breaking News:

Niat Gugurkan Kandungan Pakai Obat Aborsi, Siswi SMK Diamankan Setelah Melahirkan di Toilet

Akibat mengonsumsi obat aborsi itu, lanjut Ronald, tersangka pun melahirkan bayinya dengan jenis kelamin laki-laki di Apotek Dusun Jambu, Tempuran, Ka

OTC Digest
ilustrasi keguguran 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Seorang siswi SMK, TA (17)  asal Kaliangkrik, Kabupaten Magelang berhasil diamankan jajaran Polres Magelang akibat tindakannya melakukan aborsi.

Adapun berdasarkan kronologi kejadian, Kapolres Magelang, AKBP Ronald A Purba, mengatakan kejadian ini terungkap pada Sabtu (08/05/2021) lalu.

"Tersangka mengalami kehamilan dari hubungan dengan pacarnya. Lalu, ia mencoba menggugurkan kandungannya yang sudah berusia 8 bulan itu dengan meminum obat aborsi yang dipesan secara online seharga Rp2 juta," jelasnya Selasa (11/05/2021).

Akibat mengonsumsi obat aborsi itu, lanjut Ronald, tersangka pun melahirkan bayinya dengan jenis kelamin laki-laki di Apotek Dusun Jambu, Tempuran, Kabupaten Magelang.

Jajaran Polres Magelang menunjukkan barang bukti yang berhasil disita dari pelaku aborsi, pada Selasa (11/05/2021) /Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting
Jajaran Polres Magelang menunjukkan barang bukti yang berhasil disita dari pelaku aborsi, pada Selasa (11/05/2021) /Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting ()

Lalu, tersangka mengubur janin bayi itu tepat di samping gang Apotek.

"Jadi, tersangka ini sedang magang (PKL) di Apotek tersebut, lalu melahirkan di kamar mandinya. Karena malu dan panik, akhirnya janin bayi tersebut langsung dikubur menggunakan kresek putih tepat di samping gang apotek itu," ujarnya.

Sementara itu, tersangka yang masih di bawah umur ini terancam tindak pidana kekerasan terhadap anak yang mengakibatkan kematian dan atau tindak pidana melakukan aborsi, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 80 ayatb3 Jo. Pasal 77A ayat 1 UURI No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara).

Petugas  pun menyita sejumlah barang bukti dari tangan pelaku terdiri dari 1 buah handuk ada bercak darah, 1 buah kaos putih, pakaian tersangka yang dipakai, 1 buah pembalut, 1 buah pakaian anak kecil warna kuning, 1 buah kantong kresek warna putih dan 1 buah handphone.

Saat ini, Jajaran Polres Magelang masih terus mendalami kasus aborsi anak di bawah umur ini.

"Kami masih melakukan pengembangan terhadap kasus aborsi ini. Serta, kami juga mengimbau agar orangtua memantau pergaulan anak-anaknya terutama memberikan edukasi akibat pergaulan bebas," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Polres Magelang Amankan Siswi SMK Pelaku Tindak Aborsi di Kamar Mandi Sebuah Apotek,

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved