Breaking News:

Mudik 2021

Petugas Putar Balik Kendaraan Selain Plat F di Puncak Bogor, Ini Alasan Wakapolda Jabar

Sebab, petugas memberlakukan larangan kendaraan selain plat F untuk masuk ke Puncak Bogor di momen libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 ini ke

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
H+1 Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 ratusan kendaraan yang memasuki kawasan Puncak Bogor diputar balik di kawasan Simpang Gadog, Jumat (14/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewaBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Meski sudah membawa surat antigen, para pengendara wisatawan dari luar Bogor yang hendak berlibur ke Puncak diputar balik aparat gabungan di titik penyekatan Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jumat (14/5/2021).

Sebab, petugas memberlakukan larangan kendaraan selain plat F untuk masuk ke Puncak Bogor di momen libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 ini kecuali si pengendara memang warga Bogor dibuktikan dengan KTP.

Sontak, ketentuan ini membuat kendaraan-kendaraan yang diputar balik begitu banyak hingga mengantre panjang.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Eddy Sumitro saat meninjau penyekatan di kawasan Puncak mengatakan bahwa tindakan ini dilakukan demi mencegah kemacetan.

"Mulai saat ini juga dilakukan pemberlakuan putar balik bagi kendaraan-kendaraan di luar plat F. Langkah ini kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya penumpukan kendaraan di Jalur Puncak," kata Brigjen Pol Eddy Sumitro, Jumat (14/5/2021).

Dia juga mengatakan bagi kendaraan-kendaraan yang melintasi wilayah Puncak ini akan terus dilakukan pemeriksaan lebih ketat demi menghalau para pelanggar larangan mudik.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Pranata menambahkan bahwa di momen libur lebaran 2021 ini volume kendaraan yang memasuki Puncak Bogor memang meningkat.

"Arus yang menuju ke Puncak cukup meningkat dibanding hari-sebelumnya. Namun kita antisipasi dengan penebalan anggota dimana mulai dari hari lebaran (13 Mei 2021) kemarin kita sudah menghalau kendaraan dari luar kota yang ingin masuk ke Bogor atau Puncak ini," kata Iptu Dicky Pranata.

Pengendara yang tidak memiliki KTP Bogor, kata dia, diputar balik demi membatasi jumlah kendaraan yang ada di Puncak.

Untuk hari pertama libur lebaran pada Kamis (13/5/2021) kemarin, kata dia, ada 2.300 kendaraan dari luar Bogor yang diputar balik, begitu pun pada hari libur kedua pada Jumat (14/5/2021).

"Saat ini kendaraan yang diputar balik hampir 2 ribu lebih, itu untuk hari ini. kendaraan yang tidak memiliki KTP Bogor, kita putar balik. (Surat antigen dan lain-lain) Saat ini tidak berlaku, demi membatasi jumlah kendaraan yang ada di Puncak," kata Dicky.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved