Breaking News:

1.124 Warga Jakarta Telah Tiba di Ibu Kota, 237 Orang KTP Pendatang

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mencatat, ada 237 warga pendatang yang tiba di ibu kota hingga pagi tadi.

Wartakota/Muhammad Azzam
ILUSTRASI -- penyekatan Larangan Mudik 1442 Hijriyah/ 2021, Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang kembali ramai dilintasi pemudik, Senin (10/5/2021) malam. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Warga pendatang dari berbagai daerah mulai berdatangan ke DKI Jakarta pada H+3 Lebaran.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mencatat, ada 237 warga pendatang yang tiba di ibu kota hingga pagi tadi.

“Data per pagi tadi, pukul 07.00 WIB, totalnya 1.124 warga tiba di Jakarta. Jumlah warga DKI 887 orang dan non DKI 237 orang,” ucap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaludin, MInggu (16/5/2021).

Fenomena warga dari daerah berbondong-bondong datang ke Jakarta bukan kali ini saja terjadi.

Hal ini sudah menjadi tradisi, dimana pendatang biasanya ke Jakarta usai hari lebaran untuk mengadu nasib.

Budi mengatakan, pihaknya tak bisa menolak warga pendatang lantaran tak ada aturan yang tidak memperbolehkan warga ber-KTP non DKI masuk ke ibu kota.

“Tidak ada larangan, kami enggak bisa menolak,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mengatakan, pihaknya hanya bisa mengarahkan warga pendatang untuk segera melengkapi dokumen kependudukan yang diperlukan.

“Paling kita mengarahkan dan menanyakan maksud tujuan ke sini apa. Misalnya ingin sekolah atau kuliah atau mungkin ada pekerjaan lain di sini,” kata Budi.

Selain itu, pihak Dukcapil DKI melalui kelurahan dan puskesmas setempat juga bakal mengarahkan warga pendatang untuk melakukan tes Covid-19.

Halaman
12
Editor: Damanhuri
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved