Breaking News:

Mudik Lebaran

Penyekatan di Puncak Bogor Diwarnai Adu Mulut hingga Petugas Nyaris Ditabrak

Penyekatan di momen libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 di kawasan Puncak Bogor diwarnai adu mulut antara pengendara dan petugas.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Mohamad Afkar Sarvika
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Penyekatan di momen libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 di kawasan Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jumat (14/5/2021) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Penyekatan di momen libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 di kawasan Puncak Bogor diwarnai adu mulut antara pengendara dan petugas.

Salah satunya, petugas bahkan nyaris ditabrak seorang pengendara dari arah Jakarta yang tidak terima diputar balik di kawasan Simpang Gadog pada penyekatan 14 Mei 2020.

Pantauan TribunnewsBogor.com, setelah tak terima diputar balik, seorang pengendara plat B tersebut memaksa kembali memutar balikan kendaraan untuk mengarah Puncak.

Dia terpantau langsung mengarahkan laju mobilnya ke arah petugas yang berjaga di putaran arah hingga nyaris tertabrak.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Imbas Penyekatan di Puncak, Polresta Bogor Kota Lakukan Pengalihan Arus Lalin

Argumen yang keluar disertai emosi pengendara tersebut direspon tegas berulang kali oleh petugas.

"Lurus (ke arah Jakarta), lurus pak !, Macet pak. Saya bilang lurus !," tegas salah satu petugas menghadapi pengendara yang tak terima usai diputar balik di kawasan Simpang Gadog.

Sampai akhirnya, pengendara tersebut bersedia membatalkan niatnya ke Puncak dan kembali melajukan kendaraannya ke arah Jakarta.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Eddy Sumitro mengatakan bahwa beberapa insiden adu mulut tersebut membuat lalu lintas tersendat.

Selain itu, adu argumen di jalan antara petugas dan pengendara juga diupayakan dihindari karena ada kemungkinan droplet yang bisa menularkan virus.

"Makanya saya bilang ke anggota, udah langsung (pasang) barier saja, gak usah banyak tanya, ikuti aturan selesai, ketegasan aja," kata Brigjen Pol Eddy Sumitro di Simpang Gadog, Minggu (16/5/2021).

Terpisah, Kapolres Bogor AKBP Harun menambahkan bahwa pada penyekatan di Simpang Gadog memang sempat terjadi beberapa kali adu argumen antara petugas dan pengendara.

Namun, kata dia, sejauh ini tidak ada masyarakat yang bertindak agresif sampai melukai petugas.

"Namanya masyarakat pasti banyak pertanyaan, dinamika pasti ada. Gak mungkin suatu kebijakan itu landai-landai, pasti ada yang mencoba untuk menyampaikan, berdebat itu ada. Ke depan sosialiasi terhadap aturan kita lebih ditingkatkan," ungka AKBP Harun.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved