Breaking News:

Kampusnya Didatangi Monyet Ekor Panjang, IPB University Libatkan Mahasiswa Untuk Observasi

Entang menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi di kampus IPB University itu disebabkan oleh dua faktor yang mempengaruhi.

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Damanhuri
istimewa
Beberapa gedung di Kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor disatroni puluhan monyet. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Sekretaris Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) IPB University Dr Ir Entang Iskandar, MSi angkat suara mengenai puluhan monyet ekor panjang yang masuk ke area gedung kampus IPB University.

Entang menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi di kampus IPB University itu disebabkan oleh dua faktor yang mempengaruhi.

"Masuknya monyet ekor panjang liar ke dalam kampus IPB University Dramaga, saya melihat atas dua faktor. Pertama, saat ini masih diberlakukan perkuliahan online. Jadi hanya sedikit aktifitas yang ada di kampus. Dengan demikian, monyet merasa leluasa, tidak keluar dari Kampus IPB," ujarnya, Selasa (18/5/2021).

"Kemudian yang kedua, sumber makanan mereka yang sudah semakin berkurang. Mereka melihat rimbunnya pohon di IPB dan mencari makan alami," tambahnya.

Sebagai antisipasi kemunculan kawanan monyet ekor panjang lainnya, Entang telah menyiapkan beberapa strategi agar binatang tersebut tidak terganggu dan tersakiti.

"Kami sudah menyediakan beberapa kandang. Baik di kampus IPB maupun di perumahan dosen. Kami tempatkan di daerah yang merupakan menjadi daerah jelajah mereka," tegasnya.

Selain itu, Entang membeberkan bahwa fenomena yang terjadi kali ini menjadi suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk mengamati dan menyelesaikan tugas akhirnya.

"Mahasiswa S1 kita akan libatkan. Mereka mengawasi pergerakan atau kebiasaan kelompok monyet ekor panjang ini. Itu diteliti dan menjadi tugas akhir mereka. Semoga dapat berjalan dengan baik," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved