Breaking News:

Sejumlah Perwira TNI AU Jalani Proses Rangkain Pendidikan Sebagi Refleksi Pengembangan Kualitas SDM

Saat ini pendidikan yang baru saja dimulai adalah Pendidikan Suspa Flight Security Officer (FSO) A-28, Suspa Security Officer (SO) A-9.

Ist
Sejumlah Perwira TNI AU Jalani Proses Rangkain Pendidikan Sebagi Refleksi Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Sejumlah Perwira TNI AU menjalani Proses Rangkain Pendidikan Sebagi Refleksi Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Saat ini pendidikan yang baru saja dimulai adalah Pendidikan Suspa Flight Security Officer (FSO) A-28, Suspa Security Officer (SO) A-9.

Sementara itu untuk pendidikan Susdokbangan A-18, Suswatbangan A-19, serta Suskesbangan A-20 sudah selesai dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam pembukaan dan penutupan pendidikan tersebut, Komandan Wing Pendidikan Umum (Wingdikum) Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, yang di sampaikan oleh Danskadik 504 Letkol Kes Seno Hadi mengatakan bahwa Pendidikan Suspa Flight Security Officer bertujuan untuk membekali perwira TNI Angkatan Udara profesi penerbang dan navigator agar dapat bertugas sebagai perwira pengamanan penerbangan VVIP dengan diberikan pengetahuan  dan keterampilan  di bidang flight security.

"Selama menempuh pendidikan siswa FSO akan diberikan materi pelajaran Airmanship,   Pengetahuan Dasar FSO, Prosedur Pengamanan VVIP, Prosedur Pengamanan Penerbangan VVIP, Pengetahuan Pesawat VVIP, Prosedur Tetap Pengamanan Pesawat VVIP dan berbagi materi pelajaran lainya," jelasnya.

Sedangkan pendidikan Suspa Security Officer bertujuan untuk  membekali perwira TNI Angkatan Udara, profesi intelijen dan pemotret udara agar dapat bertugas sebagai perwira pengamanan dalam survei dan pemotretan udara dengan diberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang security officer.

Materi yang diberikan diantaranya pengetahuan intelijen udara, pedoman penentuan klasifikasi daerah rawan/objek vital, peraturan survei dan pemotretan udara, sistem prosedur security officer, pengawasan dan pengamanan penerbangan tidak ber-jadwal (nonscheduled) pesawat udara asing, pesawat udara sipil indonesia, dan pesawat terbang tanpa awak serta pelajaran lainnya.

Untuk para siswa yang telah lulus diucapkan selamat kepada seluruh mantan siswa Susdokbangan, Suswatbangan, serta Suskesbangan Pendidikan yang telah saudara laksanakan ini, merupakan bekal dalam meniti karier selanjutnya sebagai prajurit TNI Angkatan Udara.

"Sehingga hasil dari pendidikan ini, dapat dijadikan sebagai refleksi bahwa pendidikan merupakan salah satu program pengembangan kualitas sumber daya manusia yang penuh dengan kreativitas dan inovasi," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa disinilah pengabdian di tuntut sebagai prajurit, harus siap menghadapi  perkembangan  teknologi yang semakin maju,  serta mempunyai keinginan kuat untuk  terus  belajar dan belajar, sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat  bagi diri maupun satuan, paparnya.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan selamat kepada siswa yang memperoleh predikat lulusan terbaik Letda Kes dr. Adhitya Pratama,  Letda Kes Ferri Prandani, , dan Letda Kes drg. Muhammad Boggi R, Dengan harapan semoga apa  yang telah saudara raih, ini dapat mendorong dan memotivasi bagi saudara dan rekan-rekan lainnya dalam melaksanakan tugas di kesatuan," harapnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved