Breaking News:

Ada Patung Buddha Tidur di Vihara Buddha Dharma Tajurhalang Bogor, Ini Makna yang Terkandung

Sebab, di Vihara tersebut terdapat satu patung berukuran besar yang dikenal dengan patung Buddha tidur atau sang Budha Gautama.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Vihara Buddha Dharma yang berlokasi di Kampung Jati RT 2/6, Desa Tonjong, Tajurhalang, Kabupaten Bogor, menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAJURHALANG - Vihara Buddha Dharma yang berlokasi di Kampung Jati RT 2/6, Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Sebab, di Vihara tersebut terdapat satu patung berukuran besar yang dikenal dengan patung Buddha tidur atau sang Budha Gautama.

Patung Budha tidur itu berukuran sepanjang 18 meter dengan tinggi 3,75 meter dan panjang dipanbdi bawah patung mencapai 22 meter.

Selain itu, pada patung tersebut, Buddha digambarkan mengebakan pakaian emas dengan lambang Swastika di bagian dada.

Pengurus Vihara Buddha Dharma, Andrean Halim mengatakan, patung Budha tidur memiliki makna yang sangat dalam.

Menurutnya, patung Buddha tidur atau sleeping Budhist merupakan sosok Siddharta Gautama atau Budha Gautama. 

"Sesungguhnya patung raksasa ini menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama, dalam ajaran Buddha, posisi ini disebut Budha Mahaparinibbana," ujarnya, Rabu (26/5/2021).

"Patung Buddha tidur di sini atau tempat lain melambangkan sang Buddha itu wafat ke nirvana, berbaring seperti pada umumnya, salah satu Waisak memperingati 3 peristiwa, lahirnya, mendapat pencerahan, wafat," tambahnya.

Dalam Hari Raya Waisak 2565 BE, Andrean berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan seluruh umat manusia dapat hidup berdampingan dengan rukun.

"Berharap ke depan lebih baik, umat Buddha keseluruhan tetap menjaga kebersamaan dan toleransi terhadap sesama umat beragama," bebernya.

Selain digunakaan untuk beribadah bagi umat Budha, Vihara Buddha Tidur, juga digunakan sebagai tempat wisata, salah satunya bagi yang ingin mengambil foto selfie berlatar Buddha tertidur.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved