Breaking News:

Bupati Klaim Kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor Menurun, Satu Tempat Isolasi Kosong

Pasca Lebaran 1442 Hijriah, jumlah konfirmasi kasus positif Covid-19, kata dia, juga mulai melandai. 

TribunnewsBogor.com/ Naufal Fauzy
Bupati Bogor Ade Yasin bersama Kapolres Bogor, Dandim 0621 dan lain-lain seusai menggelar rapat Satgas Covid-19 jelang Ramadhan 1442 Hijriah (2021) di Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin (12/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan Kabupaten Bogor secara keseluruhan kini masuk ke dalam zona orange.

Pasca Lebaran 1442 Hijriah, jumlah konfirmasi kasus positif Covid-19, kata dia, juga mulai melandai. 

"Kalau dulu rata-rata penambahan kasus harian covid-19 di Kabupaten Bogor berjumlah 80 sampai 90 kasus. Tapi kalau saat ini rata-ratanya selalu di bawah 60," kata Ade Yasin kepada wartawan, Rabu (26/5/2021).

Menurunnya angka kasus ini, menurut Ade, adalah hasil signifikan dari penyekatan, PPKM Mikro sampai RT/RW, laporan dari masyarakat terus masuk, sehingga kita bisa dengan cepat tracking.

Selain itu pihaknya bekerjasama dengan 101 Puskesmas sehingga sangat cepat merespon bahkan turun langsung datang ke rumah-rumah yang terkonfirmasi positif.

"Sekarang masyarakat juga sudah paham apa itu isolasi mandiri, sehingga masyarakat selalu lapor ke puskesmas terdekat apabila ada terkonfirmasi positif," katanya.

Imbas penurunan kasus corona ini, sejumlah tempat isolasi yang disediakan sejak awal pandemi kini mulai kosong.

Seperti tempat isolasi di Kemang kini hanya diisi 5 orang dari kapasitas 88 orang serta isolasi di rumah sakit saat ini juga sudah sekitar 20 persen.

"Dari 29 rumah sakit rujukan yang ada, rata-rata jumlah keterisiannya berkisar 20 persen dari kapasitas yang tersedia," katanya.

Sedangkan pusat isolasi di Cibogo masih kosong sampai sekarang.

"Sekarang isolasi kosong, ini karena kesadaran masyarakat akan isolasi mandiri di rumah juga sudah terbangun, yang datang ke RS itu yang sudah bergejala kasus Covid-19, jadi masih terkendali di Kabupaten Bogor," pungkasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved