Breaking News:

Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Masy'a Perumahan Villa Mutiara Gelar Salat Khusuf Gerhana Bulan

Masjid Masy'a Perumahan Villa Mutiara Bogor melaksanakan Salat Khusuf Gerhana Bulan dengan Protokol Kesehatan, Rabu (26/5/2021).

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Masjid Masy'a Perumahan Villa Mutiara Bogor melaksanakan Salat Khusuf Gerhana Bulan dengan Protokol Kesehatan, Rabu (26/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Warga dan jamaah Masjid Masy'a Perumahan Villa Mutiara Bogor melaksanakan Salat Khusuf Gerhana Bulan dengan Protokol Kesehatan, Rabu (26/5/2021).

Pelaksanaan salat khusuf atau salat gerhana bulan 14 Syawwal 1442 Hijriah dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini diadakan oleh DKM masjid dengan memberlakukan prokes yang ketat, dari mulai memakai masker, menjaga jarak, hingga jamaah diminta membawa sajadah masing-masing.

Salat khusuf dimulai usai jemaah melaksanakan salat Isya berjamaah.

Dalam khutbahnya, Khotib menyampaikan tertang peristiwa gerhana saat Ibrahim putra nabi Muhammad SAW meninggal.

"Seperti diriwayatkan dalam hadis, kemudian rasulullah bersabda Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah, gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang, jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah," katanya dari atas mimbar.

Dedy yang juga Ketua DKM Masy'a itu mengatakan, selain salat dan mendengarkan khutbah, umat Islam diajurkan berdzikir tasbih kepada Allah dan memanjatkan doa.

"Kita memperkuat kebersamaan dan persatuan kita kukuhkan agar kita tetap mendekatkan diri kepada Allah subhanawataala, dan di tengah cobaan pandemi ini semoga kita dikuatkan,  kami juga mengimbau kepada jamaah agar mematuhi protokol kesehatan dengan membawa sajadah masing-masing, menjaga jarak, dan memakai masker untuk kesehatan bersama warga dan keluarga," katanya.

Imam salat khusuf, Ustaz Muhammad Mudhofi menyampaikan bahwa salat sunnah salat gerhana bulan ini berbeda dengan salat sunnah lainnya.

Meski dikerjakan dua rakaat, namun pada ruku setiap rakaatnya dilakukan dua kali dengan bacaan alfatihah dua kali, dan surat panjang Alquran.

"Salat gerhana ini berbeda dengan salat sunnah lainnya, karena jarang terjadi. Sehingga sebelum salat jemaah diberitahu tata cara dan niatnya agar bisa mengikuti imam dengan baik. Salat ini dua kali ruku," jelasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved