Breaking News:

Bendungan Cibongas Nanggung Bogor Rusak, Irigasi Petani 2 Desa Terhambat

Hal itu, imbuh Jani, membuat suplai air untuk irigasi terhadap dua desa tersebut menjadi terganggu.

Ist
Bendungan Cibongas yang belum diperbaiki meski sudah satu tahun rusak diterjang banjir 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, NANGGUNG - Bendungan Cibongas yang berlokasi di Desa Kalongliod, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, sudah sekitar satu tahun mengalami kerusakan.

Bendungan yang berasal dari aliran Sungai Cikaniki itu diketahui sangat membantu petani di dua desa yakni Desa Kalongilud dan Desa Hambaro, Nanggung, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Kalongliud, Jani Nurjaman mengatakan, ambrolnya bendungan yang dibangun sejak tahun 2002 ini disebabkan terjangan banjir bandang pada tahun 2020 lalu.

Hal itu, imbuh Jani, membuat suplai air untuk irigasi terhadap dua desa tersebut menjadi terganggu.

"Akibat jebolnya bendungan primer, bendungan utama tersebut berdampak kepada sebanyak 185 hektar untuk sumber pengairan bagi persawahan yang dikelola oleh dua kelompok tani," ujarnya.

"Dua kelompok tani itu di antaranya kelompok tani Sukamaju dan kelompok tani Cempaka yang sumber airnya ada di bendungan sungai Cikaniki," tambahnya.

Lebih lanjut, Jani mengaku, pihaknya sudah melakukan laporan dan sudah dilakukan pengecekan oleh beberapa pihak terkait.

"Pihak UPT Pengairan juga sudah beberapa kali, PUPR juga sudah melakukan pengecekan dan mungkin karena situasi pandemi serta anggaran tersebut dari APBD, mungkin masih terbagi dan sampai dengan hari ini memang belum dilakukan perbaikan," tegasnya.

Secara detail, Jani menjelaskan, pada saat musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan, dia melihat di safari informasi kegiatan pembangunan tahun 2021 bendungan tersebut informasinya akan dilakukan pembangunan dan perbaikan.

"Harapan saya mudah-mudahan segera lah  karena selama satu tahun setengah ini masyarakat tidak bisa menanam padi," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved