Breaking News:

Imbas Pandemi Banyak Satwa Langka Kurang Gizi, Kemenparekraf Perluas Dana Hibah

Kebijakan pemerintah demi mencegah penularan Covid-19 berujung kepada menurunnya jumlah pengunjung dan memicu beragam keterbatasan bagi pengelola temp

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Sandiaga Uno saat kunjungan kerja (kunker) ke Taman Safari Puncak, Bogor, Jumat (28/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno perluas dana hibah untuk selamatkan satwa yang kekurangan gizi imbas pandemi Covid-19 di taman-taman rekreasi nasional.

Hal ini dia katakan saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Taman Safari Indonesia, Puncak Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat (28/5/2021).

Kebijakan pemerintah demi mencegah penularan Covid-19 berujung kepada menurunnya jumlah pengunjung dan memicu beragam keterbatasan bagi pengelola tempat rekreasi satwa.

Seperti satwa kekurangan gizi hingga kelaparan karena tak adanya pemasukan.

"Oleh karena itu, kami akan mendukung program penyelamatan kebun binatang di masa pandemi ini dengan memperluas dana hibah pariwisata, bukan hanya hotel dan restoran, tetapi juga kepada taman rekreasi," kata Sandiaga Uno.

Lewat insentif tersebut, dirinya berharap upaya konservasi satwa yang dilakukan para pengelola kebun binatang di seluruh Indonesia dapat tetap berjalan.

"Kami melihat foto-foto gajah yang kurus-kurus di beberapa kebun binatang di Indonesia, karena kekurangan dana untuk membeli makanan dan juga ada beberapa gajah yang sempat sakit dan akhirnya mati," katanya.

Penyaluran dana hibah tersebut lanjutnya, secara langsung membantu pemerintah.

Sebab diketahui seluruh satwa-satwa tersebut merupakan milik pemerintah, seperti gajah atau harimau sumatera yang diselamatkan karena konflik dengan manusia.

"Jadi harapan kita pertama adalah berpihak menyelamatkan ribuan lapangan kerja, kedua-meningkatkan kemampuan melalui digitalisasi dan ketiga program-program dana hibah pariwisata untuk keberlanjutan daripada usaha-usaha untuk keberlanjutan menyelamatkan satwa kita," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved