Breaking News:

Menengok Masjid Jami An-Nur, Masjid di Bojonggede Bogor yang Berdiri Sejak 1814

Masjid Jami An-Nur, Bojonggede, Kabupaten Bogor, rupanya menyimpan nilai historis yang begitu besar.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Masjid JamiAn-Nur yang berlokasi di Kampung Masjid, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki rekam jejak sejarah yang berharga dan harus dilestarikan, tak terkecuali sejarah Masjid Jami An-Nur yang berlokasi di Kampung Masjid, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Masjid Jami An-Nur, Bojonggede, Kabupaten Bogor, rupanya menyimpan nilai historis yang begitu besar, di mana masjid tersebut diketahui sudah berdiri sejak tahun 1814 Masehi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun TribunnewsBogor.com, Masjid Jami An-Nur di Bojonggede itu dibangun oleh RH Panji pada abad ke 18 Masehi.

Raden Panji yang memiliki nama lengkap RH Panji Nitikisumah bin R Kosim itu mendirikan masjid di atas tanah wakaf yang dimiliki Embah Idang yang juga merupakan adik bungsu dari RH Panji.

Pada saat itu, RH Panji mendirikan masjid tersebut untuk menyebarkan ajaran Agama Islam di wilayah Bojonggede dan sekitarnya.

Tokoh masyarakat Bojonggede, Baba Gatot membenarkan bahwa Masjid Jami An-Nur merupakan masjid tertua yang ada di wilayahnya.

"Benar Masjid Jami An-Nur adalah masjid tertua di sini. Seingat saya itu masjid dibangun tahun 1814 oleh Raden Panji bin Tubagus Kosim," ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Mengintip Pesantren Bergaya Tionghoa di Bogor, Miliki Tempat Ibadah Bernama Masjid At Tam Kok Liong

Baca juga: Menilik Kemegahan Masjid Agung Harakatul Jannah Puncak Bogor, Miliki Gaya Arsitektur yang Indah

Gapura berwarna cokelat bertuliskan nama makam RH Panji yang berlokasi di Kampung Masjid, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.
Gapura berwarna cokelat bertuliskan nama makam RH Panji yang berlokasi di Kampung Masjid, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Sementara itu, warga sekitar, Gilang mengaku bahwa Masjid Jami An-Nur merupakan masjid tertua di wilayahnya.

"Kalau sejarah lengkapnya saya kurang tahu, tapi berdasarkan cerita sesepuh yang ada di sini, memang Masjid Jami An-Nur sudah ada sejak zaman dahulu," ungkapnya.

"Setahu saya, ya kenapa di sini dinamakan Kampung Masjid dan jalannya diberi nama RH Panji, ya memang itu diambil dari sejarah," tambahnya.

Diketahui, RH Panji wafat di Desa Bojonggede dan dimakamkan di area Masjid Jami An-Nur.

Pantauan TribunnewsBogor.com, makam RH Panji berada di halaman samping Masjid Jami An-Nur, di mana sebelum masuk ke area makam, pengunjung dapat melihat gapura berwarna cokelat bertuliskam nama makam RH Panji.

RH Panji merupakan anak dari TB Kosim, sedangkan TB Kosim merupakan anak dari P Muhammad Abas, di mana silsilah keluarga ini masih masuk dalam keturunan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved