Breaking News:

Telah Menyebar, Varian Baru Corona Masih Bisa Terdeteksi PCR

Untuk varian B.1.1.7 berdampak sedikit terbatas yaitu “S gene target failure (SGTF)” tapi tidak ada dampak pada keseluruhan pemeriksaan PCR

Editor: khairunnisa
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kernet yang juga sopir bus di Terminal Baranangsiang sempat tidak kuat menahan rasa geli saat menjalani swab tes massal di Terminal Baranangsiang, Jumat (10/7/2020) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono mengatakan sejauh ini tes PCR atau polymerase chain reaction masih bisa mendeteksi varian baru corona.

Diketahui di Indonesia kini ditemukan lebih dari 10 kasus transmisi lokal varian baru yang masuk kategori Varian of Concern (VoC) yakni varian asal Inggris B.1.1.7, varian asal Afrika B.1.351, dan varian asal India B.1.617.

"VoC tetap tidak mengubah bentuk variasi PCR. Identifikasi dan sensitivitas PCR tidak berubah dengan adanya VoC," ujar Dante dalam RDP bersama Komisi IX DPR RI, Kamis (27/5/2021).

Hal yang sama juga diungkap guru besar paru fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Tjandra Yoga Aditama.

Ia memaparkan, dampak varian baru pada pemeriksaan diagnosis COVID-19 seperti yang disampaikan WHO sebagai berikut.

Baca juga: Viral Vaksin Covid Mengandung Magnet Karena Koin Bisa Nempel di Lengan Bekas Suntikan, Ini Faktanya

Untuk varian B.1.1.7 berdampak sedikit terbatas yaitu “S gene target failure (SGTF)” tapi tidak ada dampak pada keseluruhan pemeriksaan PCR yang menggunakan beberapa target sekaligus, seperti yang banyak dipakai di Indonesia termasuk pula pada pemeriksaan rapid antigen.

"Jadi, secara umum PCR tetap bisa dapat digunakan. Varian B.1.1.7 ini juga sejauh ini tidak berdampak pada kemampuan test dengan rapid antigen," ujar Tjandra.

Untuk yang varian B.1.351 maka WHO menyatakan sejauh ini tidak ada dampak pada efektifitas pemeriksaan PCR dan juga rapid antigen.

"Sementara untuk B.1.1.28.1 atau P.1 dan B.1.617 dinyatakan sejauh ini belum ada laporan ilmiah yang tersedia," jelas mantan direktur WHO SEARO ini.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Varian Corona Baru Masih Bisa Terdeteksi PCR, https://www.tribunnews.com/corona/2021/05/28/varian-corona-baru-masih-bisa-terdeteksi-pcr.
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved