Breaking News:

Datangi Kampung Bojongkerta, Wakil Wali Kota Bogor Salut Warganya Kompak dan Mandiri

Kampung Bojong Kidul RT 01/02, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan menjadi kampung mandiri.

Istimewa/Pemkot Bogor
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengunjung kampung mandiri di Kampung Bojong Kidul RT 01/02, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan. 

TRIBUNNNEWSBOGOR.COM -- Wilayah Kampung Bojong Kidul RT 01/02, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan menjadi satu dari sekian banyak wilayah yang ada di Kota Bogor yang menjadi wilayah mandiri.

Apa yang menyebabkan wilayah tersebut dinamai menjadi kampung mandiri? Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menemukan alasannya usai melakukan kunjungan kerja ke wilayah tersebut, Jumat (28/5/2021) pagi.

Kata Dedie, warga di sana kompak untuk memenuhi semua kebutuhan secara swadaya.

Walaupun sebetulnya, mereka dibantu pula oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam beberapa hal.

"Seperti jalan lingkungan, kemudian penerangan jalan umum yang ada di wilayah, itu dipenuhi oleh mereka sendiri. Jadi mereka menamakan wilayah mereka kampung mandiri," kata Dedie usai kunjungannya.

Untuk itu, Dedie mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan warga tersebut.

Karena ternyata masih ada wilayah yang berani dan kompak memenuhi seluruh kebutuhan mereka sendiri.

"Kedatangan saya dalam memberikan apresiasi tersebut. Kemudian memotivasi warga untuk bisa terus memantapkan status mereka sebagai kampung mandiri tadi," tegasnya.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengunjung kampung mandiri di Kampung Bojong Kidul RT 01/02, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan.
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengunjung kampung mandiri di Kampung Bojong Kidul RT 01/02, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan. (Istimewa/Pemkot Bogor)

Tidak terlalu banyak permintaan kepada pemerintah, dinilai Dedie adalah hal yang baik.

Apalagi seperti kondisi saat ini yang masih dalam masa pemulihan ekonomi negara, khususnya pemerintah daerah.

"Kemudian tadi selain memberikan apresiasi, saya juga memberikan bantuan dalam bentuk perbaikan mushola, lalu bantuan alat bantu berjalan untuk seorang warga, sekaligus memotivasi warga untuk meningkatkan ekonomi dengan menggali potensi yang ada," sambung Dedie.

Potensi yang dilihat ada di wilayah tersebut, salah satunya adalah tanaman hias.

Dimana ada beberapa jenis tanaman hias yang sedang nge-tren saat ini yang ditanam oleh warga disana.

"Nanti akan dikerjasamakan dengan pasar tanaman hias terbesar di wilayah Bogor Selatan. Nanti peran dari Pemkot Bogor melalui dinas pertanian akan membantu media tanamnya, pupuknya, termasuk pengetahuan tentang pertanian non-hortikultura," kata Dedie.

Dedie tak sendiri, saat kunjungan ia juga ditemani oleh Camat Bogor Selatan Hidayatulloh dan Lurah Bojongkerta Harry Cahyadi, serta warga dan tokoh masyarakat setempat untuk melihat kampung mandiri tersebut.(*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved