Breaking News:

IPB University

Bulan Mutu dan Karantina Ikan, Ribuan Benih Nilem dan Tor Dewa Ditebar di IPB University

Bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University, KKP menebar 23.200 benih ikan nilem dan 1500 benih ikan tor dewa.

Editor: Soewidia Henaldi
Istimewa/Pemkot Bogor
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menghadiri Bulan Mutu Karantina 2021 di Danau LSI Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Senin (24/5/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kampus IPB University menjadi wilayah target dari penyelenggaraan Bulan Mutu dan Karantina Ikan, yang dilaksanakaan selama dua bulan di seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan ini dipelopori oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

Bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University, KKP menebar 23.200 benih ikan nilem dan 1500 benih ikan tor dewa.

Turut hadir Kepala BKIPM, Wakil Rektor bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB University Prof Agus Purwito, Dekan FPIK IPB University, Dr Fredinan Yulianda, Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Bogor, Oetje Subagdja, anggota DPR RI Dapil Kabupaten Bogor Ichsan Firdaus, Dapil Kota Bogor Endang Setyawati Thohari dan Budhi Setiawan.

“Dengan adanya pendistribusian ikan dan menggencarkan gemar makan ikan, masyarakat mendapatkan ikan yang bermutu yang mengandung gizi lengkap, sehat dan mudah didapat,” ungkap Rina selaku Kepala BKIPM. 

Menurutnya, kegiatan seperti ini sudah berlangsung selama enam tahun sebagai salah satu cara mensosialisasikan gerakan makan ikan bermutu kepada masyarakat.

Anggota DPR RI, Ichsan Firdaus turut menyampaikan pula bahwa momentum ini menjadi salah satu pendekatan ke masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makan ikan.

Selain itu, Bulan Mutu dan Karantina Ikan ini dapat meningkatkan mutu kualitas ekspor ikan ke luar negeri.  

“Sehingga peran BKIPM sangat diperlukan untuk berkontribusi lebih besar lagi untuk skala ekspor,” ujarnya.

Penebaran benih ikan ini dilakukan secara simbolis di Telaga Inspirasi yang berlokasi di kampus IPB University di Dramaga, Bogor.

Sementara itu, persiapan penebaran benih ikan tor dewa dan ikan nilem juga dilakukan untuk Situ Leutik sebagai salah satu wujud untuk menjaga pelestarian ikan domestik.

Lebih lanjut, pendistribusian ikan beku bermutu sebanyak dua ton juga dilakukan di Auditorium Sumardi Sastrakusumah FPIK IPB University.

Sasarannya adalah tenaga kependidikan dan tenaga harian lepas di berbagai unit kerja yang ada di IPB University.    

“Dengan tetap menjaga protokol kesehatan, Kepala Tata Usaha/perwakilan dari unit kerja di IPB University datang untuk mengambil paket ini untuk dibagikan kepada staf, satpam maupun petugas kebersihan sebagai salah satu bentuk gerakan gemar makan ikan,” tambah Rina. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved