Breaking News:

Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa Jalani Vaksin Covid-19 di Bogor

Sama seperti pada umumnya pelaksanaan vaksinasi dimulai dengan antrean pendaftaran kemudian proses screening dan vaksinasi.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
RS Jiwa dr.H. Marzoeki Mahdi melaksanakan vaksinasi gelombang tiga yang ditargetkan untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerjasama dengan RS Jiwa dr.H. Marzoeki Mahdi melaksanakan vaksinasi gelombang tiga yang ditargetkan untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di RS Marzoeki Mahdi pada Selasa (1/6/2021).

Sama seperti pada umumnya pelaksanaan vaksinasi dimulai dengan antrean pendaftaran kemudian proses screening dan vaksinasi.

Yang berbeda hanyalah setiap pasien mendapat oendampingan dari perawat si RS Marzoeki Mahdi.

Dirur RS Jiwa dr.H. Marzoeki Mahdi, Fidiansjah mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi terhadap ODGJ ditahap awal menyasar 80-90 pasien.

Namun pada hari ini pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan hanya setengah dari target.

Ada beberap syarat yang harus dilaksanakan untuk melakukan vaksinasi terhadap ODGJ.

"Yang tentu harus kita bedakan dengan orang gangguan jiwa adalah kesadaran dan tanggung jawab dia kan tidak utuh kita harus mendapatkan yang disebut informconsen artinya persertujuan dari keluarga terhadap tindakan ini yang tidak bisa diwakili oleh dirinya," ujarnya.

Sampai saat ini proses pengajuan izin tersebut masih terus dilakukan secara bertahap.

Sehingga kedepan target yabg ada bisa dicapai.

"nah ini yang masih memerlukan proses untuk persetujuan tersebut tetapi kita yakin dengan edukasi dan penjelasan keluarga tidak ada yang merasa keberatan dari keluarganya yang dirawat disini," katanya.

Kondisi ODGJ yang divaksin harus sudah melewati beberapa tahap sebelumnya.

"Iya syarat hususnya sudah tenang seperti itu kita tau orang normal saja ketika disuntik ada yang phobia ada yang sangat ketakutan oleh karena itu orang orang degan gangguan jiwa juga ada trik tersendiri untuk dia kita tenangkan," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved