Breaking News:

IPB University

Dosen IPB Lakukan Penelitian Pengembangan Wisata di Taman Nasional Kepulauan Seribu

penggalian budaya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia masih minim dilakukan.

Editor: Soewidia Henaldi
IPB University
Dosen IPB University dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan melakukan penelitian di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dua dosen IPB University dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan tiba di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta, Jumat (28/5/2021) lalu.

Selama satu tahun, tim peneliti yang terdiri atas 2 dosen, 2 asisten, dan 3 mahasiswa, melakukan penelitian Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya dalam Konteks Pariwisata.

Penelitian ini akan mendorong pengembangan wisata berkelanjutan di pulau-pulau kecil dalam wilayah konservasi tersebut.

Riset ini mendapat pendanaan dari Kementerian Riset dan Teknologi (kini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi).

Tim peneliti juga bermitra dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (BTNKpS).  

Dr Eva Rachmawati, peneliti IPB University bidang sosial wisata menyampaikan bahwa penggalian budaya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia masih minim dilakukan.

Padahal, kearifan lokal masyarakat yang telah ada merupakan modal sosial dalam menghadapi perubahan.

“Dengan mengetahui potensi kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat, pihak terkait dapat mengembangakan berbagai atraksi wisata,” ujar dosen IPB University dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata ini.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pengetahuan terhadap kekayaan budaya ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dengan tetap mengakar pada budaya setempat serta memberikan dampak positif dalam pembangunan wisata berkelanjutan.

Menurutnya, wisata berkelanjutan harus  didukung pula oleh kesiapan masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pengembangan wisata di wilayahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved