Breaking News:

Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Menteri Agama Pastikan Dana Haji Aman : Jangan Percaya Hoaks !

Selain itu, Yaqut juga memastikan bahwa dana jemaah haji aman meski pelaksanaan ibadah haji dibatalkan.

Penulis: Vivi Febrianti | Editor: khairunnisa
vecer.press
Ilustrasi ibadah haji 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan secara virual, Kamis (3/6/2021).

Selain itu, Yaqut juga memastikan bahwa dana jemaah haji aman meski pelaksanaan ibadah haji dibatalkan.

"Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya," kata Yaqut, dilansir dari Kom0as TV, Kamis.

Menag juga menjelaskan bahwa Pemerintah Arab Saudi belum mengundang Pemerintah Indonesia untuk membahas soal penyelanggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah di tengah pandemi Covid-19.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum mengundang Pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau tahun 2021 Masehi," ucapnya.

Yaqut juga menegaskan bahwa dana haji bisa diambil oleh para jemaah haji atau disimpan.

Ia juga menyebut, jemaah haji yang batal berangkat akan masuk kuota tahun depan.

"Jemaah haji baik reguler maupun khusus, yang sudah melunasi biaya perjalanan haji 1442 atau 2021 masehi, akan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji di 1143 H atau 2022 M," jelasnya.

Pun untuk uang yang sudah disetorkan bisa diambil kembali.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved